Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 17:27

Gambar Rantai Makanan dalam Ekosistem Kolam dan Laut

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Rantai makanan dalam ekosistem kolam ataupun laut pada dasarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan rantai makanan yang ada pada ekosistem di daratan. Keduanya sama-sama terdiri dari unsur produsen, konsumen tingkat 1,2,3 dan sebagainya lalu ada pula dekomposer sebagai pengurai.
ADVERTISEMENT
Kamu tentu masih ingat bahwa rantai makanan merupakan fenomena dimana makhluk hidup yang satu akan berusaha untuk memangsa makhluk hidup lainnya untuk bertahan hidup. Jadi dimanapun letaknya baik di darat ataupun di perairan, fenomena ini masih tetap berlaku. Hanya saja yang membedakan adalah spesies atau komoditasnya yang berbeda.

Gambar Rantai Makanan dalam Ekosistem Kolam dan Laut yang Perlu Kamu Tahu

Jika kamu bertanya-tanya apa yang membedakan ekosistem darat dan perairan, maka hal yang membedakan rantai makanan di ekosistem air dan darat sendiri terletak pada jenis-jenis makhluk hidup atau komoditas yang berperan di dalamnya saja. Jika dalam ekosistem lingkungan darat, kita mengetahui bahwa pohon atau rerumputan merupakan golongan produsen, maka dalam ekosistem air yang berperan sebagai produsen ialah fitoplankton atau plankton yang perannya sama seperti tumbuhan di dalam air.
ADVERTISEMENT
Agar kamu bisa semakin paham, simak ilustrasi gambar rantai makanan dalam ekosistem perairan berikut ini:
Gambar Rantai Makanan dalam Ekosistem Kolam dan Laut (428697)
Ilustrasi ekosistem kolam. Sumber: Study.com
Pada gambar rantai makanan dalam ekosistem kolam tersebut, plants/tumbuhan/fitoplankton di dalam kolam berperan sebagai produsen, lalu udang-udang kecil merupakan konsumen tingkat satu yang memakan fitoplanton dalam kolam, selanjutnya udang akan dimangsa oleh ikan sebagai komsumen tingkat dua. Kemudian ikan-ikan tadi juga akan dimangsa pula oleh ikan lain yang jauh lebih besar dan berbeda jenisnya hingga mereka dimangsa kembali oleh burung pemakan ikan. Setelah burung mati, ia akan diurai oleh bakteri ataupun jamur yang bisa menyuburkan tanah tempat produsen tumbuh.
Hal ini juga akan berlaku dalam ekosistem laut, seperti gambar rantai makanan berikut ini:
Gambar Rantai Makanan dalam Ekosistem Kolam dan Laut (428698)
Ilustrasi rantai makanan pada ekosistem laut. Sumber: Pinterest
Fitoplankton (produsen) yang ada di dalam laut akan dimakan oleh zooplankton ataupun udang-udang laut (konsumen tingkat 1), berikutnya zooplakton dan udang akan dimakan oleh ikan-ikan kecil, sampai ikan besar contohnya hiu akan memangsa ikan-ikan tersebut. Setelah hitu mati, maka tubuh hiu akan diurai oleh dekomposer di dalam lautan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan ilustrasi gambar rantai makanan dan ulasan tadi, semoga kamu bisa semakin memahami alur mangsa memangsa para makluk hidup dalam ekosistem perairan seperti pada kolam dan laut ya! Semoga bermanfaat! (HAI)