Gerhana Bulan Gelap atau Terang?

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
15 November 2022 17:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Gerhana Bulan Gelap atau Terang. (Foto: David Dibert | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Gerhana Bulan Gelap atau Terang. (Foto: David Dibert | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gerhana bulan gelap atau terang? Pertanyaan seperti ini mungkin banyak ditanyakan oleh masyarakat. Gerhana bulan dan gerhana matahari adalah suatu fenomena alam yang jarang terjadi. Fenomena ini tergolong jarang terjadi sehingga saat ada gerhana bulan atau matahari, banyak masyarakat yang ingin menyaksikannya. Lalu sebenarnya apa itu gerhana bulan? Apa perbedaan antara gerhana bulan dan matahari? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini ya!
ADVERTISEMENT

Gerhana Bulan Gelap atau Terang?

Ilustrasi Gerhana Bulan Gelap atau Terang. (Foto: Sanni Sahil | Unsplash.com)
Apa yang disebut dengan gerhana? Mengutip buku dengan judul Semua Bisa Pintar Ulangan Harian Tematik Kelas 6 SD karya Yeni (2022:360), gerhana adalah suatu fenomena di mana bumi, matahari, dan bulan berada pada satu garis lurus.
Terdapat dua macam gerhana, yakni gerhana bulan dan matahari. Gerhana bulan adalah seuatu peristiwa alam saat bulan memasuki bayangan bumi. Biasanya peristiwa gerhana bulan dapat terjadi saat bumi berada di posisi antara bulan dan matahari. Hal itu menyebabkan seluruh bagian pada bulan masuk ke dalam umbra bumi. Proses ini yang disebut dengan gerhana bulan total. Gerhana bulan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

Gerhana Bulan Total

Peristiwa gerhana bulan total dapat terjadi ketika bumi terletak di antara matahari dan bulan yang bayangannya menutupi bulan.
ADVERTISEMENT

Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian dapat terjadi jika posisi matahari, bulan, dan bumi tidak sejajar atau tidak sempurna. Hal tersebut mengakibatkan bulan hanya melewati sebagian umbra bumi.

Gerhana Bulan Penumbra

Fenomena ala mini dapat terjadi saat bulan bergerak melalui bagian terluar yang bayangannya samar atau penumbra. Kondisi ini membuat bulan tampak redup dan sulit untuk dilihat.
Fenomena alam gerhana bulan memiliki dampaknya tersendiri pada kehidupan manusia seperti pasang naik air laut yang jauh lebih tinggi dibanding kondisi normal. Sementara gerhana matahari dapat terjadi ketika bulan bergerak menutupi bumi. Jadi, posisi bulan berada di antara bumi dan matahari, sehingga ketiganya terletak dalam satu garis. Tidak seperti gerhana bulan, gerhana matahari dapat terjadi kekita bulan baru. Hal itu dapat terjadi karena ukuran bulan lebih kecil dibandingkan ukuran bumi.
ADVERTISEMENT
Gerhana bulan gelap atau terang? Jawabannya, ketika terjadi gerhana bulan, maka langit akan berubah gelap layaknya malam hari selama beberapa menit. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian seputar gerhana ya! (FAR)