Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Harta Warisan Dibagikan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
14 Februari 2024 17:51 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Harta Warisan Dibagikan. Foto: dok. Unsplash/Jp Valery
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Harta Warisan Dibagikan. Foto: dok. Unsplash/Jp Valery
ADVERTISEMENT
Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum harta warisan dibagikan? Setelah seseorang meninggal dunia, harta yang ditinggalkannya akan menjadi milik ahli waris. Namun, pembagian harta waris tidak dilakukan begitu saja.
ADVERTISEMENT
Suatu hal yang perlu diperhatikan bagi ahli waris sebelum membagi harta warisan adalah membayar kewajiban utang. Selain melaksanakan kewajiban hutang, terdapat hal lainnya yang perlu dilakukan sebelum pembagian harta waris.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Harta Warisan Dibagikan yang Perlu Diketahui Hak Waris

Ilustrasi Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Harta Warisan Dibagikan. Foto: dok. Unsplash/Dmytro Demidko
Setelah meninggal dunia, seseorang tidak akan membawa apa yang dimilikinya selama di dunia, baik itu berupa benda, kendaraan pribadi, hingga harta berupa uang dan barang berharga lainnya.
Mengutip dari dalam buku berjudul Analisis Sosiologis Perubahan Pola Pembagian Warisan Sebagai Modal Usaha Pada Masyarakat Minang di Kota Medan dan Kota Padang, Dr. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag., Dr. Jufri Naldo, M.A (2022), harta warisan adalah harta peninggalan yang telah bebas dari hak orang lain di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, harta warisan yang ditinggalkan mejadi hak penuh bagi pemilik harta. Untuk dapat menjadikan harta tersebut menjadi hak sepenuhnya, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum harta warisan dibagikan?
Sebelum harta waris dibagikan kepada ahli waris, ada kewajiban yang harus ditunaikan untuk menghindari ahli waris memakan hak orang lain secara tidak sah. Hal utama yang perlu dilakukan sebelum harta waris dibagikan pada ahli waris adalah membayar hutang dan melaksanakan wasiat.
Pembayaran hutang perlu dilakukan terlebih dahulu dibandingkan melaksanakan wasiat. Hal tersebut karena utang merupakan kewajiban, sedangkan wasiat disebut sebagai perbuatan baik yang perlu dilanjutkan.
Pembayaran utang sebagai kewajiban ini penting untuk dijalankan, sama seperti melaksanakan wasiat dari orang yang sudah meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum harta warisan dibagikan dapat menambah wawasan bagi masyarakat secara umum. Khususnya mengenai pembagian harta waris dan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pembagian harta waris dengan ahli warisnya. Semoga bermanfaat. (DAP)