Hal yang Dirasakan ketika Memberikan Zakat Fitrah di Bulan Suci Ramadan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 April 2024 20:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tuliskan apakah yang Anda rasakan ketika memberikan zakat fitrah di bulan suci Ramadan, sumber: unsplash/AfifKusuma
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tuliskan apakah yang Anda rasakan ketika memberikan zakat fitrah di bulan suci Ramadan, sumber: unsplash/AfifKusuma
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tuliskan apakah yang Anda rasakan ketika memberikan zakat fitrah di bulan suci Ramadan! Aktivitas ini merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan dalam agama Islam.
ADVERTISEMENT
Tujuannya untuk membersihkan diri dari segala dosa yang terjadi selama bulan puasa. Memberikan zakat fitrah kepada orang-orang yang membutuhkan tentu menjadi pengalaman yang penuh makna bagi setiap muslim.

Hal yang Dirasakan ketika Memberikan Zakat Fitrah di Bulan Suci Ramadan

Ilustrasi Tuliskan apakah yang Anda rasakan ketika memberikan zakat fitrah di bulan suci Ramadan, sumber: unsplash/OrlandoBrooke
Tuliskan apakah yang Anda rasakan ketika memberikan zakat fitrah di bulan suci Ramadan! Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Dermawan

Mengutip buku Berderma untuk Semua oleh Azyumardi (2003), perasaan pertama yang dirasakan saat memberikan zakat fitrah adalah kepedulian terhadap sesama atau kedermawanan.
Saat seorang muslim mengeluarkan sebagian hartanya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, hal tersebut akan menumbuhkan rasa kasih sayang dan solidaritas. Dengan begitu, mereka yang kurang beruntung akan mampu menjalani Idul Fitri dengan lebih bersukacita dan berkecukupan.
ADVERTISEMENT

2. Rasa Syukur

Mengeluarkan zakat fitrah juga dapat menumbuhkan rasa syukur kepada Allah. Saat berbagi rezeki dengan orang lain, setiap muslim akan menyadari bahwa semua yang dimiliki berasal dari Allah.
Manusia hanya berperan sebagai perantara dalam proses pemberian rezeki tersebut. Dengan begitu, maka ikatan spiritual antara hamba dan Sang Pencipta dapat lebih kuat.

3. Pemurnian Diri

Perasaan lain yang timbul usai memberikan zakat fitrah adalah pemurnian diri. Zakat fitrah merupakan cara untuk membersihkan harta dari segala bentuk dosa yang melekat pada diri seorang muslim. Dengan membayar zakat fitrah, maka harta yang dimiliki bisa lebih suci dan lebih berkah untuk diri sendiri dan keluarga.

4. Lega dan Damai

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, zakat fitrah merupakan amalan yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim. Saat telah melaksanakannya, maka akan timbul perasaan lega dan damai karena satu kewajiban telah gugur.
ADVERTISEMENT

5. Humanisme

Mengeluarkan zakat fitrah juga dapat meningkatkan rasa kemanusiaan atau humanisme. Tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam hidup, sehingga umat muslim perlu membantu sesamanya yang kurang beruntung. Hal ini akan mampu menciptakan rasa empati yang lebih dalam pada sesama muslim.
Itulah jawaban dari pertanyaan, tuliskan apakah yang Anda rasakan ketika memberikan zakat fitrah di bulan suci Ramadan! Dengan membayar zakat fitrah, maka hati bisa lebih tenang dan harta yang dimiliki bisa disucikan. (DLA)