Hasil Peradaban Islam pada Masa Modern

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 Mei 2024 19:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern Jelaskan, sumber: unsplash/Ifrah
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern Jelaskan, sumber: unsplash/Ifrah
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern? Jelaskan! Sejak masa Rasulullah, Islam mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga menghasilkan peradaban yang maju. Islam bertransformasi menjadi agama yang menyesuaikan perkembangan zaman.
ADVERTISEMENT
Peradaban Islam menghasilkan berbagai macam budaya yang bisa dipelajari dan dialami hingga saat ini. Meskipun banyak berkembang, namun peradaban Islam di masa modern tetap berpedoman pada Al-Qur’an dan hadist.

Hasil Peradaban Islam pada Masa Modern

Ilustrasi Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern Jelaskan, sumber: pexels/RodnaeProductoon
Bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern? Jelaskan! Peradaban Islam di masa modern memberikan kontribusi di berbagai bidang. Adapun perkembangan agama ini yaitu sebagai berikut:

1. Revitalisasi Agama dan Reformasi Pemikiran Islam

Mengutip buku Feminisme Kritis oleh Amin Mudzakkir (2022), pada masa modern, terjadi revitalisasi agama yang memperjuangkan reformasi pemikiran Islam.
Munculnya gerakan modernisme Islam bertujuan untuk menafsirkan kembali ajaran-ajaran Islam untuk disesuaikan dengan konteks modern.
Beberapa ilmuwan Islam berusaha mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ajaran Islam sekaligus mengkampanyekan pembaharuan pendidikan Islam.
ADVERTISEMENT

2. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

Beberapa negara Islam telah menciptakan kemajuan di bidang IPTEK. Contohnya, seperti Iran dan Pakistan yang telah mengembangkan program nuklir, sedangkan Turki berinvestasi besar-besaran di bidang penelitian dan pengembangan teknologi.
Tidak heran jika berbagai negara tersebut menjadi pusat inovasi teknologi di kalangan Muslim seluruh dunia.

3. Pendidikan dan Pengetahuan

Pendidikan juga termasuk salah satu fokus utama dalam peradaban Islam modern. Tidak sedikit negara mayoritas muslim meningkatkan sistem pendidikan, baik melalui lembaga pendidikan tradisional hingga universitas modern.
Misalnya, seperti Universitas Al-Azhar di Mesir dan Universitas Islam Internasional Malaysia yang berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4. Budaya dan Seni

Sejak dulu, seni dan budaya peradaban Islam telah menunjukkan taringnya kepada dunia. Bahkan, seni music dan sastra dari dunia Islam telah diakui secara global kejeniusannya.
ADVERTISEMENT
Festival Film Internasional Kairo dan Festival Film Dubai adalah beberapa platform penting yang menjembatani karya-karya seniman muslim untuk dikenal lebih luas.

5. Ekonomi dan Keuangan Islam

Keuangan Islam telah mengalami perkembangan besar bagi peradaban Islam. Hal ini ditandai dengan munculnya Perbankan syariah yang menekankan prinsip-prinsip bernafaskan Islam.
Itulah jawaban dari pertanyaan bagaimana hasil peradaban Islam pada masa modern? Jelaskan! Dengan memahami perkembangannya, diharapkan umat muslim tidak melepaskan prinsip-prinsip Islam di tengah kemajuan dunia seperti sekarang ini.