Hewan Ovipar: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 April 2024 18:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi hewan ovipar - Sumber: pixabay.com/cocoparisienne
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hewan ovipar - Sumber: pixabay.com/cocoparisienne
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hewan ovipar adalah salah satu dari tiga kategori penggolongan jenis hewan. Kategori lainnya adalah hewan vivipar dan hewan ovovivipar. Hal yang membedakan ketiga jenis hewan tersebut adalah cara dalam berkembang biak dan menghasilkan keturunan.
ADVERTISEMENT
Pembedaan jenis hewan ini terkait dengan strategi reproduksi yang berguna memastikan kelangsungan hidup dan evolusi spesies mereka. Setiap metode memiliki keunggulan dan keterbatasan yang beradaptasi dengan lingkungan dan kebutuhan biologis hewan.

Pengertian Hewan Ovipar dan Ciri-cirinya

Ilustrasi hewan ovipar - Sumber: pixabay.com/hansbenn
Pengertian hewan ovipar adalah jenis hewan yang bereproduksi dengan cara bertelur. Ovipar berasal dari kata Latin "ovum" yang berarti telur dan "parere" yang berarti melahirkan. Metode ini umum bagi banyak spesies hewan, dari yang paling kecil seperti serangga, hingga reptil dan burung.
Hewan jenis ovipar menghasilkan telur yang berkembang dan menetas di luar tubuh induknya. Telur tersebut memiliki cangkang keras atau semi keras yang melindungi embrio di dalamnya dari lingkungan luar.
Berdasarkan buku Ensiklopedia Hewan Ovipar, M. Sumarto, 202, beberapa ciri khusus dari hewan jenis ovipar adalah:
ADVERTISEMENT

Contoh Hewan Ovipar

Ilustrasi hewan ovipar - Sumber: pixabay.com/pexels
Masih dari sumber buku yang sama, beberapa contoh hewan yang reproduksi dan berkembang biak secara ovipar antara lain:
ADVERTISEMENT

1. Burung

Hampir semua spesies burung adalah ovipar. Mereka bertelur dan mengerami telurnya hingga menetas. Salah satu contoh yang terkenal adalah burung penguin yang sangat protektif terhadap telurnya.

2. Reptil

Kebanyakan reptil seperti ular, kadal, dan penyu juga ovipar. Mereka meletakkan telur di tempat yang aman, seperti di bawah tanah atau di atas pasir, dan meninggalkannya untuk menetas dengan sendirinya, meskipun beberapa spesies tertentu mengerami telurnya.

3. Amfibi

Sebagian besar amfibi seperti katak dan salamander adalah ovipar. Mereka umumnya meletakkan telur di air atau tempat lembap yang mendukung perkembangan larva setelah menetas.

4. Serangga

Nyaris semua serangga adalah ovipar, dengan metode peneluran yang beragam sesuai dengan spesiesnya. Misalnya, kupu-kupu meletakkan telurnya di daun yang akan menjadi makanan larvanya.
ADVERTISEMENT
Hewan ovipar berperan penting dalam ekosistem. Mereka tidak hanya membantu dalam pengendalian populasi spesies tertentu tetapi juga sebagai sumber makanan bagi predator lain. (DNR)