Hubungan Agama dengan Tanggung Jawab Manusia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 November 2022 18:39 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi hubungan agama dengna tanggung jawab manusia. Foto: Pixabay/dMz
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hubungan agama dengna tanggung jawab manusia. Foto: Pixabay/dMz
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tanggung jawab adalah keadaan terhadap manusia yang wajib ditanggung segala sesuatunya. Artinya, tanggung jawab adalah bentuk kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab juga merupakan ciri-ciri dari manusia beradab dan berbudaya. Sebab, manusia dapat menyadari bahwa terdapat beban yang dipukul. Agama memiliki peranan penting dalam mengatur tanggung jawab manusia. Lantas, apa hubungan agama dengan tanggung jawab manusia?
ADVERTISEMENT

Hubungan Agama dengan Tanggung Jawab Manusia

Agama adalah sebuah bentuk keyakinan manusia terhadap sesuatu yang maha esa dan berkuasa menyertai setiap kehidupan manusia, baik itu kehidupan individu ataupun bermasyarakat, baik kehidupan materiil ataupun sipirual.
Sedangkan tanggung jawab bersifat kodrati. Artinya tanggung jawab sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksa tanggung jawab itu.
Sehingga, tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi yang berbuat dan dari sisi yang memiliki kepentingan dari pihak lain. Dilihat dari sisi pihak pembuat, ia harus menyadari akibat perbuatannya itu dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan ke dalam keadaan baik.
ADVERTISEMENT
Dilihat dari sisi pihak lain apabila pihak pembuat tidak mau bertanggung jawab, maka pihak lain yang akan memulihkan baik dengan cara individual maupun dengan cara kemasyarakatan.
Oleh karena itu, setiap manusia hendaknya menjalankan perintah agama dengan penuh tanggung jawab dan meninggalkan larangan yang ada. Dengan melaksanakan kehidupan beragama dan menjalankan ibadah, seseorang yang memiliki kesadaran agama secara matang dan melaksanakan ibadahnya dengan penuh konsisten, kerendahan diri, dan penuh tanggung jawab dengan landasan wawasan agama yang luas.
Ilustrasi dampak hubungan agama dengan tanggung jawab manusia. Foto: Unsplash/Marcos Paulo Prado
Selain itu, hubungan agama dengan tanggung jawab manusia menjadi sumber pedoman dan rujukan bagi manusia untuk mengetahui hal yang menjadi tanggung jawab bagi dirinya selama hidup di dunia. Sehingga dengan pedoman yang ada di dalam ajaran agama akan membuat manusia lebih sadar dan mengetahui bagaimana cara bertanggung jawab.
ADVERTISEMENT
Dampaknya adalah terbentuk pribadi manusia yang bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan sehari-hari di dunia ini.
Seperti yang dikutip dari buku Psikologi Agama oleh Dr. Yusron Masduki, S. Ag., M. Pd.I. dan Dr. Idi Warsah, M. Pd.I. (2020:29), agama dapat membuat manusia menjadi orang beriman dan mampu menjalankan semua tanggung jawabnya sebagai manusia.
Sebab, manusia diciptakan untuk beribadah dan beribadah adalah kebutuhan manusia terhadap terwujudnya suatu kehidupan dengan tatanan yang lebih baik dan adil.
Dari penjelasan di atas, kita dapat belajar bahwa manusia harus memiliki tanggung jawab. Sebab, tanpa adanya tanggung jawab, manusia dapat membuat kerusakan. Agama menjadi medium untuk manusia sebagai makhluk yang tercipta dari sang maha kuasa. Sehingga, manusia dapat mengetahui bahwa ia adalah sosok yang rendah.(MZM)
ADVERTISEMENT