Konten dari Pengguna

Hukum Suntik saat Puasa, Makruh atau Mubah?

Berita Terkini
Penulis kumparan
3 April 2022 19:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
illustrasi hukum suntik saat puasa. sumber: www.unsplash.om
zoom-in-whitePerbesar
illustrasi hukum suntik saat puasa. sumber: www.unsplash.om
ADVERTISEMENT
Hukum suntik saat puasa kerap menjadi pertanyaan kaum Muslim. Terlebih saat ini ketika kita harus melakukan vaksinasi OVID-19. Pembahasan mengenai hukum suntik saat puasa sangat jarang dibahas. Karenanya, tidak ada dalil spesifik mengenai hukum suntikan ini.
ADVERTISEMENT
Pada zaman dahulu, kajian tentang hal-hal yang membatalkan puasa hanya terbatas pada masalah makan, minum, dan berhubungan suami-isteri.
Jadi, bagaimana hukum suntik saat puasa? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Hukum Suntik saat Puasa, Makruh atau Mubah?

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khusunya di bidang kedokteran, banyak aktivitas medis yang perlu diperjelas status hukumnya. Apakah donor darah, suntik, imunisasi, vaksinasi dan endoskopi membatalkan puasa atau tidak?
illustrasi hukum suntik saat puasa. sumber: www.unsplash.om
Sebenarnya, untuk mengategorikan sesuatu itu membatalkan puasa atau tidak, para ulama telah menetapkan kriteria, yaitu:
1. Puasa batal apabila ada sesuatu masuk ke tubuh
الفِطْرُ مِمَّا دَخَلَ وَلَيْسَ مِمَّا خَرَجَ
Puasa menjadi batal sebab adanya sesuatu yang masuk (ke dalam tubuh), bukan sebab sesuatu yang keluar (dari tubuh). (Al-Kasani, Bada’ius Shana’i, juz 2, halaman 92)
ADVERTISEMENT
2. Batasannya adalah masuk sampai perut atau otak
العِبْرَةُ بِالْوُصُوْلِ إِلَى الْجَوْفِ أَوِ الدِّمَاغِ مِنَ الْمَخَارِقِ الْأَصْلِيَّةِ، كَالْأَنْفِ وَالْأُذُنِ وَالدُّبُرِ
Yang menjadi patokan adalah sampainya sesuatu ke dalam perut atau otak melalui lubang asli, seperti hidung, telinga, dan dubur. (Imam Nawawi, Raudhatut Thalibin, juz 2, halaman 356)
3. Adanya kegiatan yang dapat membatalkan puasa
وُجُوْدُ الْأَكْلِ صُوْرَةً يَكْفِيْ لِفَسَادِ الصَّوْمِ، حَتَّى لَوْ أَكَلَ حَصَاةً أَوْ نُوَاةً أَوْ خَشَبًا أَوْ حَشِيْشًا أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ مِمَّا لَا يُؤْكَلُ عَادَةً وَلَا يَحْصُلُ بِهِ قَوَامُ الْبَدَنِ، يُفْسِدُ الصَّوْمَ
Adanya bentuk kegiatan makan dapat membatalkan puasa, sekalipun jika seseorang makan kerikil, biji, kayu, rumput, atau yang sejenisnya, yaitu sesuatu yang tidak biasa dimakan, dan tidak dapat memperkuat tubuh, dapat membatalkan puasa. (Nawawi, Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, juz 6, halaman 315)
ADVERTISEMENT
4. Adanya jima’ yang dapat membatalkan puasa
وُجُوْدُ الْجِمَاعِ مِنْ حَيْثُ الْمَعْنَى كَافٍ لِفَسَادِ الصَّوْمِ، حَتَّى لَوْ جَامَعَ امْرَأَتَهُ فِيْمَا دُوْنَ الْفَرْجِ فَأَنْزَلَ، أَوْ بَاشَرَهَا أَوْ قَبَّلَهَا أَوْ لَمِسَهَا بِشَهْوَةٍ فَأَنْزَلَ، يَفْسُدُ صَوْمُهُ
Adanya makna jima’ dapat membatalkan puasa, bahkan jika seseorang menggauli isterinya pada selain kemaluannya lalu keluar sperma, merabanya, menciumnya, atau menyentuhnya dengan syahwat lalu keluar sperma, maka puasanya menjadi batal. (Al-Syairozi, Al-Tanbih, juz 1, halaman 66)
5. Bisa tidak membatalkan puasa
وُصُوْلُ أَثَرِ الشَّيْءِ لَا عَيْنِهِ إِلَى الْحَلَقِ لَا يُفْسِدُ الصَّوْمَ
Sampainya efek dari sesuatu, bukan dzatnya, ke tenggorokan tidak membatalkan puasa. (Imam Nawawi, Raudhatut Thalibin, juz 2, halaman 357)
Jadi, bagaimanakah hukum suntik saat puasa?
Berdasarkan pendapat para ulama, suntik atau injeksi sebagai teknologi memasukkan obat atau nutrisi makanan menggunakan alat suntik, baik ke dalam otot maupun pembuluh darah. Menurut mayoritas ulama, injeksi tidak membatalkan puasa, sebab obat atau nutrisi tidak masuk melalui lubang terbuka.(SU/IJ)
ADVERTISEMENT