News
·
20 Februari 2021 10:31

Ideologi Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Ideologi Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan (70031)
Ilustrasi Ideologi Pancasila, sumber: Pinterest
Dalam pembukaan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), disebutkan kedudukan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia. Ideologi Pancasila harus dilaksanakan secara berkesinambungan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
ADVERTISEMENT
Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, keyakinan, dan nilai-nilai bangsa Indonesia yang harus diimplementasikan dalam kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Ideologi Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan

Ideologi menurut Ubaidiah dkk pada bukunya yang berjudul Pendidikan Kewarganegaraan , Demokrasi, HAM & Masyarakat Madani pada tahun 2000 memiliki peranan yang penting dalam proses dan memelihara integrasi nasiona, terutama di negara-negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.
Sebagai ideologi bangsa Indonesia, Pancasila berperan sebagai ikatan budaya ( cultural bond) yang berkembang secara alami dalam kehidupan masyarakat tanpa paksaan,dengan kata lain Pancasila sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menerapkan Ideologi Pancasila dalam bentuk berikut ini:
ADVERTISEMENT
1. Bangga sebagai bangsa Indonesia
Menerapkan ideologi Pancasila dalam kehidupan bisa dimulai dengan cara bangga sebagai bangsa Indonesia yang ditunjukkan dengan cara: berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mencintai produk lokal dengan mendukung usaha rumahan yang ada di sekitar.
2. Menciptakan kerukunan di tengah kemajemukan bangsa Indonesia
Indonesia adalah negara yang majemuk dengan kekayaan budaya, ras, dan agama. Adanya perbedaan ini hendaknya menjadi satu kesatuan yang erat, dan tidak terpecah-pecah, sesuai dengan semboyan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika.
3. Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku
Implementasi ideologi Pancasila yang selanjutnya adalah mematuhi hukum yang berlaku, baik saat sedang berada di dalam negeri, maupun di luar negeri. Peribahasa yang paling tepat untuk menggambarkan hal ini adalah dimana bumi dipijak, disana langit dijunjung.
ADVERTISEMENT
4. Menggunakan hak pilih dalam PEMILU
Menggunakan hak pilih dalam pemilu merupakan penerapan ideologi Pancasila selanjutnya, karena pemilu merupakan salah satu bentuk wujud demokrasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
5. Membayar pajak dan menggunakan fasilitas umum dengan semestinya
Salah satu bentuk penerapan ideologi Pancasila yang dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah dengan bayar pajak tepat waktu, dan tidak merusak fasilitas umum. Hal ini merupakan perwujudan dari sila kelima Pancasila, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. (Adelliarosa)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white