Informasi Bulan Syawal sampai Tanggal Berapa menurut Kalender Hijriyah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 April 2024 18:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bulan Syawal sampai tanggal berapa. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bulan Syawal sampai tanggal berapa. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bulan Syawal merupakan bulan setelah Ramadan yang memiliki banyak keutamaan. Itulah mengapa, banyak umat muslim yang kerap melaksanakan ibadah puasa sunah di bulan Syawal. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bulan Syawal sampai tanggal berapa menurut perhitungan kalender Hijriyah dalam kalender Masehi?
ADVERTISEMENT
Pasalnya, seperti yang diketahui penanggalan berdasarkan kalender Hijriyah dengan Masehi, terdapat sejumlah perbedaan. Maka dari itu, penting bagi umat muslim untuk mencatat tanggal terakhir di bulan Syawal dalam kalender Masehi.

Bulan Syawal sampai Tanggal Berapa menurut Perhitungan Kalender Hijriyah dalam Kalender Masehi?

Ilustrasi bulan Syawal sampai tanggal berapa. Sumber: pexels.com
Jadi, bulan Syawal sampai tanggal berapa? Diketahui bahwa tanggal 1 Syawal jatuh pada 10 April 2024 lalu. Sama seperti bulan dalam kalender hijriyah lainnya, bulan Syawal juga berlangsung selama 30 hari, sehingga akan berakhir pada 9 Mei 2024 mendatang.
Selama bulan Syawal ini, umat muslim dapat mengamalkan ibadah puasa sunah selama enam hari. Ibadah puasa sunah tersebut boleh dilakukan selama enam hari berturut-turut maupun diselang-seling.
Mengutip dari buku Berlimpah Harta dengan Beragam Dzikir, Shalat, dan Puasa Khusus, Muhammad Arifin Rahman (hal 225), puasa Syawal adalah ibadah puasa sunah yang dikerjakan pada bulan Syawal. Tentunya ada banyak keutamaan yang bisa umat muslim dapatkan dengan melaksanakan puasa sunah Syawal selama enam hari, kecuali pada tanggal 1 Syawal.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, umat muslim di Indonesia membutuhkan informasi tanggal-tanggal pada bulan Syawal menurut kalender Masehi. Dengan begitu, umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa sunah di bulan Syawal dengan maksimal.
Adapun bacaan niat puasa sunah di bulan Syawal yang perlu dicermati oleh umat muslim adalah sebagai berikut.
Dari ulasan di atas, bisa diketahui bahwa bulan Syawal sampai tanggal 9 Mei 2024 mendatang dalam kalender Masehi. Jadi, umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah puasa Syawal, bisa melaksanakannya sejak sekarang hingga hari terakhir nanti. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. (Anne)
ADVERTISEMENT