Informasi Lengkap tentang Letak Astronomis Negara Amerika Serikat

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
8 Maret 2023 20:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Letak Astronomis Negara Amerika Serikat. Sumber: Unsplash.com/Dana Andreea Gheorghe
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Letak Astronomis Negara Amerika Serikat. Sumber: Unsplash.com/Dana Andreea Gheorghe
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di mana letak astronomis negara Amerika Serikat? Mari membaca artikel berikut untuk mendapatkan informasi lengkap seputar letak astronomis dari negeri Paman Sam ini.
ADVERTISEMENT

Letak Astronomis Negara Amerika Serikat

Ilustrasi Letak Astronomis. Sumber: Unsplash.com/NASA
Dikutip dari buku karya Rachmat (2009: 238) yang berjudul Ringkasan Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, diketahui bahwa letak astronomis negara Amerika serikat adalah sebagai berikut.
Yups, itulah informasi lengkap tentang letak astronomis negara Amerika Serikat. Ketika membahas tentang letak astronomis, kita akan selalu berhadapan dengan data mengenai garis lintang dan garis bujur, baik lintang utara, lintang selatan, bujur timur, maupun bujur barat. Mengapa demikian?
Pasalnya, letak astronomis merupakan letak suatu wilayah berdasarkan sistem koordinat tertentu. Hal ini sebagaimana penjelasan Widyatmanti dan Dini (2008: 3) dalam bukunya yang berjudul Geografi untuk SMP dan MTs VIII,
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penjelasan Widyatmanti dan Dini, kita dapat memahami bahwa setiap wilayah di dunia ini tentu memiliki letak astronomis termasuk negara kita, Indonesia. Secara astronomis, Indonesia terletak di antara 95 derajat Bujur Timur sampai dengan 141 derajat Bujur Timur dan 6 derajat Lintang Utara sampai dengan 11 derajat Lintang Selatan.
Selain membaca informasi deskriptif, kita juga dapat mengetahui letak astronomis suatu wilayah dengan bantuan GPS (Global Positioning System) yang berbasis satelit. Bila tidak memiliki alat GPS, kita juga dapat memperoleh informasi astronomis suatu wilayah dengan menggunakan Google Maps, lho!
ADVERTISEMENT
Berikut adalah cara memperoleh koordinat suatu wilayah dengan menggunakan Google Maps di Laptop.
Gimana, informasi tentang letak astronomis kali ini cukup menarik, bukan? Sekian dulu pembahasan kali ini, sampai jumpa lagi dengan rangkaian pembahasan menarik lainnya. (AA)