News
·
28 April 2021 16:57

Itikaf adalah Berdiam Diri di Masjid, Apa Saja Fadhilahnya?

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Itikaf adalah Berdiam Diri di Masjid, Apa Saja Fadhilahnya? (920521)
searchPerbesar
ilustrasi itikaf di masjid, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Untuk meningkatkan pahala di bulan suci Ramadhan, salah satu amalan yang bisa dilakukan yaitu dengan itikaf. Itikaf adalah suatu kegiatan umat muslim berdiam diri di dalam masjid saat Ramadhan. Apalagi saat memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan derajat pahala yang diberikan oleh Allah SWT berkali lipat lebih tinggi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Tanya Jawab Islam : Piss KTB karya PISS KTB, TIM Dakwah Pesantren (2015;3769), iktikaf adalah berdiam diri di masjid untuk menjalankan ibadah tertentu.

Fadhillah Itikaf

Itikaf adalah sebuah kegiatan yang bernilai ibadah di bulan Ramadhan, diantaranya memiliki fadhilah sebagai berikut.
1. Mencari malam kemuliaan Lailatul Qadar
Umat muslim tentu ingin bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Sehingga memperbanyak ibadah dengan beritikaf menjadi salah satu amalan yang tepat. Baik itu menjalankannya dengan membaca Al Quran dan tafsir, memperbanyak dzikir, sholat qiyamul lail, dan lain-lain.
2. Lebih terjaga dari hal buruk atau maksiat
Melakukan itikaf, berarti kita berusaha sejenak untuk menjauhkan diri dari berbagai kegiatan duniawi. Dengan begini, maka kita akan lebih terlindungi dari berbagai tindakan atau perbuatan maksiat.
ADVERTISEMENT
3. Sholat yang dilakukan lebih khusyuk
Dengan itikaf, maka hubungan kita dengan Allah akan lebih terbentuk atau yang dikenal dengan habluminallah. Tak heran, jika ibadah yang kita lakukan bisa lebih khusyuk.
4. Menjadi ajang terbaik untuk mengevaluasi diri
Sebagai manusia, seringkali kita menilai kekurangan maupun kesalahan orang lain. Namun dibalik itu, kita justru sering luput akan kekurangan dan kesalahan diri sendiri. Melakukan itikaf bisa memberi kita ruang introspeksi dan menghindarkan diri dari hal buruk.
5. Melatih kesabaran dalam beribadah
Fadhilah melakukan itikaf yang terakhir adalah mampu mengajarkan kita untuk lebih bersabar. Terutama saat menjalankan amal ibadah, kita tidak akan tergesa-gesa menyelesaikannya.
(DHA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white