Jam Tidur yang Baik menurut Islam Lengkap dengan Sunahnya

Konten dari Pengguna
16 Mei 2022 22:10
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jam Tidur yang Baik menurut Islam Lengkap dengan Sunahnya (107266)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jam tidur yang baik menurut islam. Foto. dok. BrianAJackson (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
Jam tidur yang baik menurut Islam merupakan salah satu hal yang sering dibahas dalam Islam dan dianjurkan untuk diamalkan setiap umat Muslim. Bagi Anda yang ingin memiliki jam tidur teratur yang baik sesuai dengan pandangan Islam, mari kita simak pemaparan lengkapnya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Jam Tidur yang Baik Menurut Islam dan Amalan Sunnah Nabi Sebelum Tidur

Agar tubuh dapat memperoleh energi kembali setelah seharian beraktivitas, kita perlu beristirahat sejenak dengan tidur. Dalam Islam, setiap umatnya dianjurkan untuk beristirahat dengan waktu dan tata cara tertentu untuk dapat kembali beraktivitas dan beribadah seperti semula. Jam tidur yang baik menurut Islam adalah di awal malam atau setelah menunaikan sholat Isya. Rasulullah tidur sekitar jam 9 malam dan bangun sekitar jam 3 pagi untuk menunaikan sholat tahajud.
Jam Tidur yang Baik menurut Islam Lengkap dengan Sunahnya (107267)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jam tidur yang baik menurut islam. Foto. dok. Khadeeja Yasser (Unsplash.com)
Sunnah yang diajarkan Rasulullah sebelum tidur juga dibahas dalam buku berjudul Mukjizat Hadits Nabi: Menelaah dan Menyibak Fakta Ilmiah Sains Hadis-Hadis Muhammad Shallallahu 'Alahi Wasallam karya Dana Nur K.S., dkk. (2021: 234). Tertulis dalam buku tersebut bahwa Islam juga mengatur umatnya untuk beristirahat yang cukup. Hal ini dibahas dalam adab tidur dan bangun tidur yang sejalan dengan fitrah manusia. Seperti halnya anjuran tidur diawal malam dan bangun di awal pagi, berwudhu sebelum tidur, tidur miring ke sebelah kanan, membaca ayat Alquran serta berdoa dan berdzikir.
Jam Tidur yang Baik menurut Islam Lengkap dengan Sunahnya (107268)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jam tidur yang baik menurut islam. Foto. dok. Dilok Klaisataporn (Unsplash.com)
Semua hal itu dibahas tuntas di dalam Islam agar umatnya senantiasa dalam sehat fisik dan mentalnya serta dapat melakukan ibadah secara sempurna. Misalnya seperti Anjuran berwudhu sebelum tidur, dibahas dalam hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ADVERTISEMENT

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

Artinya: “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Tak hanya itu, dalam hadis lain juga dijelaskan bahwa umat Islam dianjurkan membaca ayat-ayat Alquran tertentu sebagai permohonan perlindungan saat tidur. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis dari ‘Aisyah, beliau radhiyallahu ‘anha berkata,

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Artinya: “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlas), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari no. 5017)

ADVERTISEMENT
Setelah memahami jam tidur yang baik menurut Islam lengkap dengan amalan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan sebelum tidur sesuai dengan yang dicontohkan Nabi dari pemaparan tadi, kita dapat mulai menerapkannya untuk membuat waktu istirahat kita lebih berkualitas sehingga dapat mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan penuh energi.(DAP)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020