Jawaban Jitu TTS: Kapal Layar Tradisional Asal Indonesia

Konten dari Pengguna
26 Maret 2023 19:07
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kapal Layar Tradisional Asal Indonesia, Sumber: Pixaby
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kapal Layar Tradisional Asal Indonesia, Sumber: Pixaby
Kapal layar tradisional asal Indonesia memiliki beragam jenis dan desain. Konon, hal ini dapat menjadi bukti bahwa kekayaan budaya dan sejarah maritim bangsa ini yang beragam, lho.
Pada dasarnya ada beberapa jenis kapal yang termasuk dalam kategori ini. Apa saja jenis kapal layar tradisional asal Indonesia? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga usai, yuk!

Jawaban TTS: Kapal Layar Tradisional Asal Indonesia

Pertanyaan mengenai kapal layar tradisional asal Indonesia ini terkadang juga muncul dalam permainan teka-teki silang (TTS). Jawaban yang tepat adalah: PINISI.
Mengutip dari buku Pengantar Wisata Bahari, Jussac Maulana Masjhoer, 2019, Kapal Pinisi adalah kapal tradisional buatan Suku Bugis yang telah menjadi ikon kejayaan bahari Indonesia. Pinisi telah digunakan sejak abad ke-14.
Dibangun dari kayu, Kapal Pinisi memiliki bentuk yang ramping dan aerodinamis dengan lambung yang kuat dan tahan banting. Kapal ini memiliki dua tiang layar dan biasanya menggunakan layar tanja, yang memiliki bentuk segitiga. Desain kapal ini memungkinkan Pinisi untuk berlayar dengan kecepatan yang baik dan tetap stabil di perairan berombak.
Ilustrasi Kapal Layar Tradisional Asal Indonesia, Sumber: Pixaby
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kapal Layar Tradisional Asal Indonesia, Sumber: Pixaby
Pinisi biasanya digunakan untuk berbagai keperluan, seperti:
  • Perdagangan
  • Perikanan
  • Transportasi antarpulau di kepulauan Indonesia
  • Mengangkut berbagai jenis barang, seperti hasil pertanian, rempah-rempah, dan kayu
  • Kapal wisata untuk mengangkut wisatawan yang ingin menjelajahi kepulauan Indonesia
Saat ini, Pinisi masih dihargai sebagai bagian dari warisan budaya dan maritim Indonesia. Beberapa kapal Pinisi telah dimodernisasi dengan mesin diesel dan fasilitas navigasi canggih, namun tetap mempertahankan desain dan keindahan tradisionalnya.

Jenis Kapal Layar Tradisional Asal Indonesia Lainnya

Selain Kapal Pinisi, masih ada jenis-jenis kapal layar tradisional asal Indonesia lainnya, seperti:
  • Jukung. Kapal layar kecil yang berasal dari Bali dan Kalimantan. Jukung memiliki lambung yang sempit dan layar segitiga yang terbuat dari kain. Kapal ini digunakan untuk perikanan dan transportasi di perairan dangkal.
  • Sandeq. Kapal layar tradisional yang berasal dari Sulawesi Barat, khususnya suku Mandar. Sandeq memiliki desain yang ringan dan cepat, serta biasa digunakan untuk balap kapal layar dan kegiatan maritim lainnya.
  • Prahu. Jenis kapal layar yang umum di seluruh kepulauan Indonesia. Prahu memiliki bentuk yang bervariasi tergantung pada daerah asalnya, tetapi umumnya digunakan untuk perikanan, transportasi, dan perdagangan.
  • Lambo. Kapal layar tradisional dari Maluku dan Nusa Tenggara. Lambo memiliki desain yang kokoh dan dapat mengangkut muatan besar. Kapal ini digunakan untuk perdagangan dan transportasi.
Itu tadi jawaban untuk pertanyaan TTS kapal layar tradisional asal Indonesia. Kapal-kapal tersebut mencerminkan keahlian dan pengetahuan pelayaran tradisional masyarakat serta keberagaman budaya yang ada di Indonesia. (DNR)