Jenis Akomodasi Lengkap dengan Pengertiannya

Konten dari Pengguna
9 Maret 2023 20:31
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Akomodasi. Foto: dok. Rémi Walle (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Akomodasi. Foto: dok. Rémi Walle (Unsplash.com)
Akomodasi dikenal sebagai salah satu proses yang dilakukan untuk mengatasi konflik atau pertentangan yang terjadi dalam masyarakat. Untuk mengetahui apa itu akomodasi dan jenisnya, mari kita simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.

Jenis Akomodasi beserta Pengertian dan Contohnya

Adanya konflik dan pertentangan yang terjadi dalam masyarakat merupakan hal yang mungkin terjadi. Perbedaan antara individu dan perubahan sosial yang terjadi dapat menjadi pemicu timbulnya konflik dalam masyarakat. Agar konflik dan pertentangan tidak menimbulkan efek buruk hingga merugikan banyak pihak, akomodasi dapat menjadi solusinya.
Akomodasi adalah penyesuaian sosial yang dilakukan untuk meredakan pertentangan atau perselisihan. Dalam buku berjudul Pengantar Sosiologi yang disusun oleh Trisni Andayani, ‎Ayu Febryani, ‎Dedi Andriansyah (2020: 258) dijelaskan bahwa salah satu upaya yang dilakukan untuk mengendalikan konflik adalah dengan akomodasi. Akomodasi adalah keseimbangan interaksi sosial dalam kaitannya dengan norma dan nilai yang ada di masyarakat.
Ilustrasi Jenis Akomodasi. Foto: dok. Vonecia Carswell (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Akomodasi. Foto: dok. Vonecia Carswell (Unsplash.com)
Pengertian akomodasi tersebut selaras dengan tujuan diadakannya akomodasi yang dijelaskan dalam buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 1 untuk SMP/MTs Kelas VII yang disusun oleh Mulya; Yuliana; Nina Andini, ‎Rohmat (2019: 87). Dalam buku tersebut dipaparkan bahwa akomodasi bertujuan untuk mengatasi ketegangan atau menyelesaikan masalah yang terjadi antarindividu atau antarkelompok.
Sebagai suatu proses, akomodasi menunjuk pada usaha-usaha individu atau kelompok untuk meredakan pertentangan, mencapai kestabilan, atau kelangsungan hubungan antarkelompok. Contoh akomodasi adalah upaya perdamaian antara Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka yang dilakukan dengan cara menunjuk pihak ketiga, tokoh yang ditunjuk adalah Martti Ahtisaari, Presiden Finlandia periode 1994-2000.
Ilustrasi Jenis Akomodasi. Foto: dok. Constantin Wenning (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Akomodasi. Foto: dok. Constantin Wenning (Unsplash.com)
Akomodasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Berikut ini adalah jenis akomodasi :
  • Toleransi: bentuk akomodasi dimana setiap pihak saling menghormati dan menghargai pendapat pihak lain
  • Kompromi: bentuk akomodasi di mana pihak yang terlibat perselisihan secara langsung saling mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu penyelesaian.
  • Konsiliasi: bentuk akomodasi yang dilakukan pihak lain dengan cara mempertemukan pihak-pihak yang berselisih agar tercapai kesepakatan bersama
  • Mediasi: bentuk akomodasi yang dilakukan dengan menggunakan pihak ketiga sebagai penengah dalam konflik
  • Arbitrase: bentuk akomodasi yang ditempuh untuk berkompromi dengan menggunakan pihak ketiga.
  • Koersi: bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan melalui paksaan secara sepihak yang memiliki kedudukan yang lebih kuat
  • Stalemate: bentuk akomodasi di mana pihak-pihak yang sedang mengalami konflik mempunyai kekuatan seimbang sehingga kedua pihak akhirnya memutuskan untuk berhenti pada suatu titik tertentu
  • Ajudikasi: bentuk akomodasi dimana upaya penyelesaian konflik dilakukan melalui proses pengadilan atau jalur hukum.
  • Segregasi: bentuk akomodasi berupa upaya saling memisahkan diri atau saling menghindar.
  • Gencatan senjata: penangguhan permusuhan atau peperangan dalam jangka waktu tertentu.
Penjelasan tentang pengertian, contoh, beserta jenis akomodasi dalam kehidupan sosial tersebut dapat Anda ketahui untuk menambah pengetahuan Anda. Jenis akomodasi apa yang pernah Anda jumpai di sekitar Anda? (DAP)