Konten dari Pengguna

Jenis Narrative Text dan Penjelasannya Lengkapnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
12 Maret 2021 12:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jenis Narrative Text. Foto: Pinterest
zoom-in-whitePerbesar
Jenis Narrative Text. Foto: Pinterest
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jika Anda sedang mencari informasi mengenai jenis narrative text untuk menambah referensi pengetahuan, jangan lewatkan artikel kali ini, yang akan membahas mengenai jenis narrative text dan juga penjelasannya.
ADVERTISEMENT
Jadi jangan sampai terlewatkan, ya!

Jenis Narrative Text

Narrative Text atau teks narasi merupakan suatu tulisan yang menyajikan suatu kisah atau peristiwa yang seolah-olah tampak nyata dialami pembaca dalam suatu rangkaian waktu yang dikisahkan dalam kehidupan yang dinamis.
Dalam buku Argumentasi dan Narasi pada tahun 2007, Keraf menyebutkan bahwa:
Jenis narrative text dibagi menjadi dua, yakni Narasi Ekspositoris dan Narasi Sugestif. Berikut ini adalah penjelasannya:
1. Narasi Ekspositoris
Narasi Ekspositoris merupakan narasi yang memiliki tujuan untuk menggugah pikiran pembaca dengan cara mengetahui apa yang tengah dikisahkan.
ADVERTISEMENT
Sasaran utama narasi ekspositoris adalah perluasan pengetahuan pembaca setelah selesai membaca teks narasi.
Persoalan yang digunakan dalam narasi ekspositoris adalah tahap kejadian dan rangkaian perbuatan yang disajikan pada pembaca, dan cerita yang dikisahkan berusaha menyampaikan informasi mengenai peristiwa yang diceritakan. Terdapat dua sifat narasi ekspositoris, yakni:
Zahara dan Husin dalam buku Seri Pendalaman Materi Bahasa Indonesia SMK dan MAK tahun 2009 menyebutkan contoh narasi ekspositoris antara lain laporan perjalanan, dan autobiografi.
ADVERTISEMENT
2. Narasi Sugestif
Narasi sugestif merupakan narasi yang memiliki tujuan untuk memberi makna atau peristiwa merupakan pengalaman, dan bukan untuk memperluas pengetahuan informasi seseorang.
Teks narasi sugestif melibatkan imajinasi pembaca karena sasaran utamanya merupakan makna peristiwa, dimana penyajian kisah dalam narasi sugestif dibuat dengan rangkaian yang bisa merangsang imajinasi pembaca.
Pembaca dapat menarik suatu makna yang secara jelas setelah selesai membaca narasi sugestif.
Itulah dua jenis narrative text dan juga penjelasannya, semoga bermanfaat! (Adelliarosa/RA)