Jenis Suara Wanita Dewasa dalam Dunia Musik

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
13 Maret 2023 20:44 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan 3 Jenis Suara Wanita Dewasa (Foto: Obie Fernandez | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan 3 Jenis Suara Wanita Dewasa (Foto: Obie Fernandez | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
Setiap manusia memiliki jenis suara yang berbeda-beda. Dalam dunia musik, suara wanita dan pria dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ketinggian suaranya. Jelaskan 3 jenis suara wanita dewasa dalam dunia musik!
ADVERTISEMENT
Saat mendengarkan penyanyi membawakan lagu, apakah kalian memperhatikan jika ada penyanyi yang memiliki suara tinggi dan rendah? Jenis suara tersebut memiliki sebutan. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis suara wanita dewasa, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Vokal

Ilustrasi Jelaskan 3 Jenis Suara Wanita Dewasa (Foto: Elizeu Dias | Unsplash.com)
Apa itu vokal? Telaumbanua dalam Pengembangan Model WICDIE dalam pembelajaran Paduan Suara (2022) menjelaskan bahwa vokal berasal dari bahasa Latin yakni vokalis yang berarti berbicara atau bersuara. Sedangkan vokal dalam dunia musik diartikan sebagai alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia.
Vokal adalah jenis bermusik yang terpopuler karena bisa dilakukan di mana saja dan bisa juga dilakukan tanpa diiringi dengan alat musik. Selain itu, semua manusia memiliki jenis vokal yang berbeda sehingga sebuah lagu bisa terdengar berbeda jika dibawakan oleh penyanyi yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Perbedaan pada jenis vokal disebabkan karena bentuk dan kemampuan alat pembentuk suara manusia yang berbeda-beda. Batas wilayah nada yang bisa disuarakan oleh seseorang disebut sebagai ambitus suara.

Jelaskan 3 Jenis Suara Wanita Dewasa!

Jelaskan 3 jenis suara wanita dewasa! Suara wanita dewasa dibagi menjadi 3 jenis sebagai berikut:

Sopran

Sopran adalah jenis suara tinggi dengan wilayah nada c’ - a”. Jenis suara ini adalah jenis suara wanita dewasa yang paling tinggi dan ketinggian nada bisa mencapai a”. Namun, biasanya pencapaian nada ini tidak dilakukan dengan suara murni, tetapi menggunakan suara kopstem (suara palsu).
Istilah sopran ini berasal dari bahasa Italia yakni soprano yang digunakan untuk merujuk pada variasi nada tertinggi dari instrumen apa saja, bukan hanya suara manusia saja.
ADVERTISEMENT

Mezzo-Sopran

Mezzo-sopran merupakan jenis suara sedang dengan wilayah nada a - f”. Jenis suara ini tidak tinggi namun juga tidak rendah. Mezzo-sopran bisa mencapai nada “C” dua oktaf di atas C tengah selagi mempertahankan timbre suara menyerupai alto namun lebih dalam.

Alto

Alto adalah jenis suara rendah dengan wilayah nada f - d” dan merupakan jenis suara wanita yang paling rendah. Jenis suara ini umumnya digunakan sebagai suara kedua tertinggi dalam paduan suara.
Jelaskan 3 jenis suara wanita dewasa! Jadi, jawabannya adalah sopran, mezzo-sopran, dan alto. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. (KRIS)