Jenis Tanda Kecakapan Khusus Pramuka Siaga dan Tujuan Penyematannya

Konten dari Pengguna
26 November 2021 17:29
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jenis Tanda Kecakapan Khusus Pramuka Siaga dan Tujuan Penyematannya (28962)
searchPerbesar
Ilustrasi anggota Pramuka yang menyematkan tanda kecakapan pramuka. Foto: dok. https://pixabay.com/
Tanda kecakapan khusus Pramuka Siaga merupakan salah satu jenis tanda kecakapan yang diterapkan dalam Gerakan Pramuka di Indonesia. Penyematan tanda kecakapan khusus ini tentu dilakukan dengan tujuan khusus. Mari kita simak apa itu tanda kecakapan Pramuka Siaga dan juga tujuan penyematannya dalam pemaparan lengkap berikut ini.
ADVERTISEMENT

Jenis Tanda Kecakapan Khusus Pramuka Siaga dalam Gerakan Pramuka

Bagi setiap anggota Pramuka tentu sudah akrab mendengar istilah tanda kecakapan yang diberikan pada tiap anggota Pramuka dengan ketentuan khusus. Tanda kecakapan ini rupanya terdiri dari berbagai jenis. Hal tersebut juga disebutkan dalam buku Panduan Resmi Pramuka yang ditulis oleh Zuli Agus Firmansyah (2014: 51).
Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa pengertian tanda kecakapan adalah tanda yang menunjukan kecakapan, keterampilan, ketangkasan, kemampuan, sikap, tingkat, usaha Pramuka dalam bidang tertentu yang sesuai dengan usianya. Contoh tanda kecakapan antara lain tanda kecakapan umum, tanda kecakapan khusus, pramuka garuda dan lain sebagainya.
Jenis Tanda Kecakapan Khusus Pramuka Siaga dan Tujuan Penyematannya (28963)
searchPerbesar
Ilustrasi anggota Pramuka yang menyematkan tanda kecakapan pramuka siaga. Foto: dok. https://pixabay.com/
Tanda kecakapan tersebut berlaku di tiap tingkatan, termasuk tingkatan Pramuka Siaga. Apa itu tanda kecakapan khusus Pramuka Siaga? Penjelasan mengenai tanda kecakapan Pramuka Siaga dipaparkan dalam buku Pendidikan Dasar Kepramukaan Sebagai Pegangan Dasar Mahasiswa dan Pembina Pramuka yang disusun Trinovandhi Setyawan, S.Pd.,M.Pd., Nurcholis Istiawan, S.Pd.,M.Pd. (2020: 26)
ADVERTISEMENT
Dalam kepramukaan, tanda kecakapan khusus adalah tanda yang diberikan kepada peserta didik dalam suatu bidang tertentu, tanda kecakapan khusus bersifat opsional bagi peserta didik sehingga antara seorang peserta didik dengan peserta didik lainnya memiliki tanda kecakapan khusus yang berbeda.
Tanda kecakapan khusus pramuka siaga dapat diperoleh seorang anggota Pramuka Siaga jika telah memenuhi syarat kecakapan khusus Pramuka Siaga. Tanda kecakapan khusus Pramuka Siaga berbentuk segitiga sama sisi dengan panjang masing-masing sisi 3 cm dan tingginya 2 cm.
Tanda kecakapan khusus Pramuka Siaga dapat dipasang di lengan sebelah kanan membentuk setengah lingkaran di sekeliling tanda Kwarda dengan puncak menghadap ke bawah. Berikut ini adalah 10 tanda kecakapan khusus (TKK) Pramuka Siaga:
Jenis Tanda Kecakapan Khusus Pramuka Siaga dan Tujuan Penyematannya (28964)
searchPerbesar
Ilustrasi anggota Pramuka yang memenuhi syarat untuk memiliki tanda kecakapan pramuka siaga. Foto: dok. https://pixabay.com/
  • TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).
  • TKK Pengatur Ruangan.
  • TKK Pengamat.
  • TKK Gerak jalan
  • TKK Juru Masak.
  • TKK Berkemah.
  • TKK Penabung.
  • TKK Penjahit.
  • TKK Juru Kebun.
  • TKK Keamanan kampung
ADVERTISEMENT

Tujuan Penyematan Tanda Kecakapan Khusus Pramuka

Dalam Gerakan Pramuka, tanda kecakapan khusus (TKK) diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan seorang peserta didik dalam suatu bidang tertentu. Tak hanya itu, rupanya terdapat tujuan lain dalam penyematan tanda kecakapan khusus seperti memasak atau menjahit.
Sebagaimana yang disebutkan dalam buku Pendidikan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Sukiyat, SH., M.Si (2020: 129) yang menyebutkan bahwa tanda kecakapan diberikan pada anggota Pramuka sebagai sebuah alat untuk menstimulasi atau merangsang anggota Pramuka agar semakin giat mengembangkan kemampuannya.
Tanda kecakapan khusus Pramuka Siaga yang tersaji dalam artikel ini dapat Anda pahami untuk memperluas pengetahuan Anda khususnya dalam bidang kepramukaan. (DAP)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020