Judul Lagu Kebangsaan Thailand beserta Sejarah Singkatnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
13 Maret 2023 19:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Lagu Kebangsaan Thailand. Foto: dok. Dave Kim (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Lagu Kebangsaan Thailand. Foto: dok. Dave Kim (Unsplash)
ADVERTISEMENT
Setiap negara tentu memiliki lagu kebangsaan yang berbeda-beda antara satu dengan negara lainnya. Begitupun Thailand yang juga memiliki lagu kebangsaan tersendiri. Untuk mengetahui judul lagu kebangsaan Thailand beserta sejarah singkatnya, mari kita simak pembahasannya dalam artikel berikut.
ADVERTISEMENT

Lagu Kebangsaan Thailand dan Sejarahnya

Lagu kebangsaan merupakan suatu lagu yang diakui secara sah sebagai lagu resmi suatu negara. Lagu kebangsaan juga dikenal sebagai identitas dan simbol suatu negara. Hal ini membuat setiap negara di dunia memiliki lagu kebangsaan yang berbeda-beda, termasuk Thailand.
Thailand merupakan salah satu negara yang berada di Asia Tenggara. Sama seperti negara lainnya, Thailand juga memiliki lagu kebangsaan tersendiri.
Dikutip dari Cinta Indonesia Setengah karya Kompasianers (2013), judul lagu kebangsaan Thailand adalah “Phleng Chat Thai” (เพลงชาติไทย) yang berarti “Lagu Kebangsaan Thai”. Lagu ini ditulis oleh Luang Saranuprapan yang memenangkan sayembara penulisan lagu kebangsaan.
Ilustrasi Lagu Kebangsaan Thailand. Foto: Markus Winkler (Unsplash)
“Pleng Chat Thai” mulai dikumandangkan saat Negeri Siam berubah nama menjadi Thailand pada 1939. Berikut ini adalah lirik lagu kebangsaan Thailand lengkap dengan romanisasi dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia:
ADVERTISEMENT
Lirik เพลงชาติไทย
Ilustrasi Lagu Kebangsaan Thailand. Foto: Markus Winkler (Unsplash)
Romanisasi Lagu Pleng Chat Thai
Terjemahan Lagu Pleng Chat Thai
ADVERTISEMENT
Demikian ulasan tentang lagu kebangsaan Thailand yang disajikan lengkap dengan sejarah singkat dan liriknya. Semoga bermanfaat, ya. (DAP)