Kalender China Desember 2023 dan Fungsi Kalender China dalam Ilmu Astronomi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Januari 2023 17:11 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kalender China Desember 2023, sumber foto (Brooke Lark) by unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kalender China Desember 2023, sumber foto (Brooke Lark) by unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kalender China merupakan jenis kalender yang digunakan oleh masyarakat Tionghoa untuk menandai hari-hari perayaan tertentu sekaligus digunakan untuk menentukan waktu terbaik dan menguntungkan untuk melakukan sesuatu. Kalender China Desember 2023 banyak dicari oleh masyarakat keturunan Tionghoa yang ingin merancang agenda atau rencana pada akhir tahun tersebut. Perlu diketahui bahwa kalender China berbeda dengan kalender Masehi karena
ADVERTISEMENT
Perhitungannya mengacu pada peredaran bulan, matahari, maupun pergantian musim. Jika menilik dari sejarah, kalender China awalnya berpedoman pada peredaran semu tahunan matahari, kemudian ditentukan berdasarkan musim. Akhirnya, kalender China menggunakan perhitungan yang berorientasi pada peredaran bulan yang mengelilingi bumi.
Terdapat lima fase dalam satu tahun yang ditandai dengan unsur-unsur tertentu, seperti api, kayu, logam, tanah, dan air. Agar mengetahui hari-hari yang menguntungkan untuk melakukan aktivitas tertentu, simak penjelasan di artikel ini.

Kalender China Desember 2023

Ilustrasi Kalender China Desember 2023, sumber foto (Este Janssens) by unsplash.com
Mengutip Jurnal Kalender Cina dalam Tinjauan Historis dan Astronomi oleh Elva Imeldatur Rohmah (2018), sistem penanggalan Cina dikenal dengan sebutan yin li, kalender rembulan, atau kalender petani. Disebut kalender petani karena taanggalan ini juga digunakan untuk mengetahui perubahan musim terhadap siklus bumi.
ADVERTISEMENT
Adapun kalender Cina online 2023 untuk bulan Desember yang bisa dijadikan panduan yakni sebagai berikut:
Tanggal 1 Desember 2023 : Gui Si (Menguntungkan: Meruntuhkan gedung, periksa ke dokter, dan operasi)
Tanggal 2 Desember 2023 : Jia Wu (Menguntungkan: tunangan, menikah, berdoa, pembukaan usaha, relokasi tempat tinggal, bepergian, bertemu teman atau kerabat, mendekorasi rumah menata batu fondasi, membangun kuil, dan membersihkan rumah)
Tanggal 3 Desember 2023: Yi Wei (Menguntungkan: berdoa untuk keberuntungan, berdoa untuk kehamilan, upacara konsekrasi, membersihkan rumah, meruntuhkan gedung, dekorasi rumah, menanam tanaman, membeli ternak, upacara pemakaman, dan mendirikan monumen)
Tanggal 4 Desember 2023: Bing Shen (Menguntungkan: Mandi, membersihkan rumah, dan berburu)
Tanggal 5 Desember 2023: Ding You (Menguntungkan: Pernikahan, berdoa untuk keberuntungan, berdoa untuk kehamilan, upacara konsekrasi, membersihkan rumah, meruntuhkan gedung, bepergian, dan perdagangan).
ADVERTISEMENT
Tanggal 6 Desember 2023: Wu Xu (Menguntungkan: Pernikahan, instalasi kamar, mengubur jenazah)
Tanggal 7 Desember 2023: Ji Hay (Menguntungkan: Bepergian, mandi, dan potong rambut)
Tanggal 8 Desember 2023: Geng Zi (Menguntungkan: Tidak ada)
Tanggal 9 Desember 2023: Xi Chou (Menguntungkan: Pernikahan, bepergian, bertemu dokter, operasi, berdoa untuk keberuntungan, membeli hewan peliharaan)
Tanggal 10 Desember 2023: Ren Yin (Menguntungkan: Upacara pembukaan, tanda tangan kontrak, upacara konsekrasi, membersihkan rumah, dan upacara pemakaman)
Tanggal 11 Desember 2023: Gui Mao (Menguntungkan: Tidak ada)
Tanggal 12 Desember 2023: Jia Chen (Menguntungkan: Berdoa untuk kehamilan, tunangan, membeli hewan peliharaan, upacara pemakaman, meruntuhkan gedung, menanam tanaman, mengubur jenazah, membangun jembatan, mendekorasi rumah)
Tanggal 13 Desember 2023: Yi Si (Menguntungkan: Menikah, tunangan, berdoa untuk keberuntungan, berpindah tempat, dan relokasi tempat tinggal)
ADVERTISEMENT
Tanggal 14 Desember 2023: Bing Wu (Menguntungkan: Tritmen/operasi dan meruntuhkan gedung)
Tanggal 15 Desember 2023: Ding Wei (Menguntungkan: Berdoa untuk keberuntungan. Berdoa untuk kehamilan, upacara konsekrasi, tunangan, mendekorasi rumah, meruntuhkan gedung, meletakkan batu fondasi, menjalankan bisnis/investasi)
Tanggal 16 Desember 2023: WU Shen (Menguntungkan: Membersihkan rumah)
Tanggal 17 Desember 2023: Ji You (Menguntungkan: Mandi, potong rambut, dan membersihkan rumah)
Tanggal 18 Desember 2023: Geng Xu (Menguntungkan: upacara konsekrasi, berdoa untuk keberuntungan, instalasi kamar, meruntuhkan bangunan, membersihkan rumah, menggali sumur, menanam pohon, dan membeli hewan peliharaan/ternak)
Tanggal 19 Desember 2023: Xin Hai (Menguntungkan: Mendekorasi rumah, instalasi pintu, dan menanam pohon)
Tanggal 20 Desember 2023: Ren Zi (Menguntungkan: Upacara pemakaman, mengubur jenazah)
Tanggal 21 Desember 2023: Gui Chou (Menguntungkan: Pernikahan, berdoa untuk keberuntungan, berdoa untuk kehamilan, bepergian, meruntuhkan gedung, pembukaan usaha, bisnis/investasi,relokasi tempat tinggal, pindahan, instalasi kamar, dan menanam pohon)
ADVERTISEMENT
Tanggal 22 Desember 2023: Jia Yin (Menguntungkan: Potong rambut, upacara pemakaman, upacara konsekrasi, membersihkan rumah, meruntuhkan gedung, teken kontrak, instalasi kamar, dan menanam pohon)
Tanggal 23 Desember 2023: Yi Mao (Menguntungkan: Tidak ada)
Tanggal 24 Desember 2023: Bing Chen (Menguntungkan: upacara pemakaman, upacara konsekrasi, membersihkan rumah, meruntuhkan gedung, teken kontrak, membeli hewan peliharaan, instalasi kamar, dan menanam pohon)
Tanggal 25 Desember 2023: Ding Si (Menguntungkan: Membersihkan rumah)
Tanggal 26 Desember 2023: Wu WU (Menguntungkan: meruntuhkan gedung dan mandi)
Tanggal 27 Desember 2023: Ji Wei (Menguntungkan: berdoa untuk keberuntungan, berdoa untuk kehamilan, meruntuhkan gedung, dan menenun jaring)
Tanggal 28 Desember 2023: Geng Shen: (Menguntungkan: Membersihkan rumah)
Tanggal 29 Desember 2023: Xin You (Menguntungkan: Upacara konsekrasi, potong rambut, dan membersihkan rumah)
ADVERTISEMENT
Tanggal 30 Desember 2023: Ren Xu (Menguntungkan: Berdoa untuk keberuntungan, berdoa untuk kehamilan, upacara konsekrasi, mendekorasi rumah, meruntuhkan gedung, dan menanam pohon)
Tanggal 31 Desember 2023: Gui Hai (Menguntungkan: Mandi dan dekorasi rumah)

Fungsi Kalender China dalam Ilmu Astronomi

Dalam kajian astronomi, kalender China memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai berikut:
• Digunakan untuk mengetahui gejala alam yang sedang atau akan terjadi berdasarkan ilmu feng shui.
• Mengetahui ramalan tahunan maupun ritual yang harus dilakukan untuk menghindari musibah atau malapetaka
• Memberikan prediksi nasib yang menguntungkan atau tidak menguntungkan bukan berdasarkan hal mistis, tetapi berdasarkan perhitungan yang rumit dan matematis.
• Berguna untuk kepentingan usaha, perkawinan, terima jabatan, penguburan, dan lain sebagainya.
Kalender Lunar 2023 khusus Desember yang dijelaskan di atas sangat berguna untuk mengetahui ramalan tentang hari baik dan hari buruk. Dengan begitu, Anda bisa memilih hari-hari yang baik untuk melakukan upacara, peringatan, atau aktivitas tertentu. (DLA)
ADVERTISEMENT