Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
1 April 2023 18:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Keistimewaan Bulan Ramadhan (Foto: Kel Avelino | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Keistimewaan Bulan Ramadhan (Foto: Kel Avelino | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Keistimewaan bulan Ramadhan wajib untuk diketahui oleh umat Islam. Selain menunaikan puasa, umat Muslim juga bisa menjalankan ibadah sunnah lain yang hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan saja.
ADVERTISEMENT
Bulan Ramadhan memiliki kelebihan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Untuk mengetahui keistimewaan serta dalilnya, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Ilustrasi Keistimewaan Bulan Ramadhan (Foto: Fikry Anshor | Unsplash.com)
Dikutip dari Puasa Ramadhan Dalam Perspektif al-Qur’an dan al-Hadits karya Ahsantudhonni (2021:83-84), Allah SWT menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh dengan pengampunan, suci, dan berkah. Terdapat keistimewaan Ramadhan, yaitu:

1. Turunnya Al-Quran

Pada bulan Ramadhan, Allah SWT menurunkan Al-Quran ke dunia dan langit secara sekaligus. Al-Quran diturunkan pada malam lailatul qodar. Setelah itu, Allah SWT menurunkan kitab suci Al-Quran ke Nabi Muhammad saw. dengan berangsur, pertama kali di bulan Ramadhan.

2. Lailatul Qodar

Lailatul qodar adalah malam yang agung dan mulia yang hanya ada pada bulan Ramadhan saja. Mereka yang beribadah pada malam itu akan mendapatkan kebaikan layaknya beribadah selama seribu bulan. Malam ini ada pada sepuluh hari terakhir Ramadhan.
ADVERTISEMENT

3. Salat Tarawih

Salat tarawih adalah salah satu ibadah yang hanya bisa dilakukan saat bulan Ramadhan saja. Ibadah ini bisa dilakukan sendiri ataupun berjamaah.

4. Bulan dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah pada bulan ini pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, setan juga diikat pada bulan Ramadhan.
ADVERTISEMENT

Dalil Keistimewaan Bulan Ramadhan

Dikutip dari buku Fikih Mazhab Syafi’i oleh Najieh (2019:500), berikut ini adalah dalil tentang keistimewaan bulan Ramadhan.
Allah SWT berfirman:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ
Sekian ulasan tentang keistimewaan bulan Ramadhan dan dalilnya yang bisa dipelajari umat Islam. Selamat menjalankan ibadah puasa. (KRIS)