News
·
31 Januari 2021 10:28

Kisah Nabi Musa Singkat Beserta Dalil Alquran

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Kisah Nabi Musa Singkat Beserta Dalil Alquran (282854)
Kisah Nabi Musa, Foto: Dok. kidscorner
Nabi Musa merupakan salah satu utusan Allah yang selama hidupnya banyak diberikan cobaan yang bertubi-tubi. Kisah Nabi Musa juga diceritakan dalam Alquran saat membelah lautan karena diberikan mukjizat oleh Allah SWT untuk membelah laut dan menenggelamkan Firaun beserta pasukannya.
ADVERTISEMENT
Mukjizat membelah laut Nabi Musa ada dalam surah Taha ayat 77 tentang kisahnya yang dapat membelah laut dari sebuah tongkat yang ketika dipukul ke tanah dapat membelah laut.
Nabi Musa memang dikenal sebagai orang yang berani menentang Firaun yang telah melampaui batas. Nabi Musa kala itu berusaha meluluhkan hati Firaun namun gagal hingga membuat Firaun memerintahkan pasukannya untuk menangkap Nabi Musa.
Saat Nabi Musa dan para pengikutnya dikejar oleh pasukan Firaun, mereka terjebak di ujung perbatasan laut hingga tidak memiliki jalan keluar, kecuali melewati laut yang disebut dengan nama Laut Merah.

Kisah Nabi Musa dalam Alquran

Saat itulah, Nabi Musa memukul tongkatnya ke tanah hingga lautan seketika terbelah, lalu Nabi Misa dan pengikutnya pun berjalan di tengah-tengah laut yang terbelah. Berikut dalil Alquran Surah Taha ayat 77:
ADVERTISEMENT
وَلَقَدْ اَوْحَيْنَآ اِلٰى مُوْسٰٓى اَنْ اَسْرِ بِعِبَادِيْ فَاضْرِبْ لَهُمْ طَرِيْقًا فِى الْبَحْرِ يَبَسًاۙ لَّا تَخٰفُ دَرَكًا وَّلَا تَخْشٰى
Wa laqad auḥainā ilā mụsā an asri bi'ibādī faḍrib lahum ṭarīqan fil-baḥri yabasal lā takhāfu darakaw wa lā takhsyā
Artinya: Dan sungguh, telah Kami wahyukan kepada Musa, 'Pergilah bersama hamba-hamba-Ku (Bani Israil) pada malam hari, dan pukul lah (buat lah) untuk mereka jalan yang kering di laut itu, (engkau) tidak perlu takut akan tersusul dan tidak perlu khawatir (akan tenggelam).'
Lalu, saat Nabi Musa memukulkan tongkatnya ke tanah, ia mengucapkan doa membelah lautan, yaitu:
اَللهم لَكَ الْحَمْدُ وَاِلَيْكَ الْمُشْتَكَى وَاَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Allahumma lakal hamdu wa ilaikal Musytaka wa Antal Musta'aan wa laa haula walaa quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhiim'.
ADVERTISEMENT
Artinya: Ya Allah, segala puji hanya bagi-Mu, hanya kepada-Mu lah kami mengadu, dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan. Tiada daya (untuk menghindari maksiat) dan tiada kekuatan (untuk taat), kecuali dengan pertolongan Allah Yang Mahatinggi lagi Maha Agung.
Saat Firaun dan pasukannya mengejar Nabi Musa mengikuti jalur yang lautannya sudah terbelah oleh Nabi Musa, dengan mukjizat dari Allah SWT, Firaun dan pasukannya ditengelamkan ke dalam lautan.
Selain di surah Taha, kisah Nabi Musa juga difirmankan oleh Allah dalam surah Asy Syuara ayat 60-66. Saat melihat pasukan Firaun ikut masuk ke dalam lautan, para pengikut Nabi Nusa ketakutan, sehingga Nabi Musa menenangkan mereka karena Allah telah memberi petunjuk.
Demikianlah kisah singkat tentang Nabi Musa yang membelah laut merah dengan tongkatnya dan menenggelamkan Firaun beserta pasukannya. Semoga kisah Nabi Musa dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
(RDY)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white