News
·
24 Februari 2021 9:19

Kisah Nabi Ulul Azmi Beserta Keteladanan Masing-masing

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Kisah Nabi Ulul Azmi Beserta Keteladanan Masing-masing (65211)
Ilustrasi Kisah Nabi Ulul Azmi, Foto: pikist
Sebagai khalifah di muka bumi, manusia bertanggung jawab atas segala perbuatannya. Agar setiap perbuatan tidak melenceng dari ajaran Alquran, maka dibutuhkan beberapa tokoh yang bisa dijadikan teladan. Salah satunya adalah Nabi Ulul Azmi. Menurut tafsir Al-Kasyaf karya Az-Zamakhsyari, nabi adalah seorang utusan Allah yang bertugas untuk menuntun manusia untuk dapat mengikuti syariat yang terdahulu.
ADVERTISEMENT
Sementara istilah ulul azmi artinya pemilik keteguhan hati. Menurut Al-Tabari, istilah tersebut bermakna nabi-nabi yang memiliki keuletan dan kesabaran saat menghadapi berbagai macam pencobaan.

Kisah Nabi Ulul Azmi beserta Keteladanan Masing-masing

Para Nabi Ulul Azmi adalah Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad. Disimpulkan dari buku Ulul Azmi, 5 Kisah Nabi yang Luar Biasa, Nurul Ihsan (2008) berikut adalah kisah-kisah Nabi Ulul Azmi yang patut dijadikan teladan:
1. Nabi Ibrahim
Berbagai kisah keteladanan Nabi Ibrahim dapat ditemukan saat ia menjalankan amr ma’ruf nahi munkar. Pertama, Nabi Ibrahim menggunakan bahasa yang santun ketika mengajak kaumnya meninggalkan berhala dan meminta mereka untuk menyembah Allah Swt. Kedua, ia patuh saat diperintahkan untuk menyembelih anak kesayangannya, Nabi Ismail, yang akhinya diganti dengan domba dari surga. Ketiga, Nabi Ibrahim sanggup bertahan di tengah kobaran api yang bahkan jadi terasa dingin saat dibakar Raja Namrud.
ADVERTISEMENT
2. Nabi Nuh
Nabi Nuh berhasil untuk tetap sabar ketika dicaci maki banyak orang saat membuat kapal besar. Akhirnya ia diselamatkan di kapal penyelamatan buatannya, sementara para pencacinya dibinasakan oleh banjir besar yang melanda bumi kala itu.
3. Nabi Musa
Nabi Musa tumbuh cerdas dan tekun berdakwah. Selalu ada mujizat yang menyertainya ketika berhadapan dengan para penyihir istana. Akhirnya Nabi Musa berhasil menyebrangi laut merah, sementara pasukan Firaun binasa.
4. Nabi Isa
Kelahirannya membuktikan bahwa tidak ada yang tak mungkin bagi Allah. Lahir dari Maryam yang masih suci, Nabi Isa tumbuh dewasa disertai berbagai mujizat hingga diangkat menjadi Nabi pada umur 30 tahun bagi Bani Israil.
5. Nabi Muhammad
ADVERTISEMENT
Salah satu kisah teladan Nabi Muhammad adalah saat bertemu nenek yang membencinya. Nenek yang kesusahan atas beban yang berat itu tetap dibantunya sampai ke tempat tujuan walaupun di sepanjang jalan nenek itu terus memperingatinya untuk menjauhi pemuda yang bernama Muhammad, yaitu dirinya sendiri. Tiba di tempat tujuan, sang nenek menanyakan namanya. Setelah mengetahui namanya adalah Muhammad, nenek itu masuk ke agama Islam.
Itulah kisah Nabi Ulul Azmi yang bisa diteladani untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Semoga kita senantiasa diberkahi perlindungan oleh Allah Swt.
(Brenda, Kisah Nabi Ulul Azmi)