Kode Bank Maspion dan Cara Penggunaannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
9 April 2024 17:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kode Bank Maspion  Sumber Unsplash/Eduardo Soares
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kode Bank Maspion Sumber Unsplash/Eduardo Soares
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap bank di Indonesia dibedakan melalui nomer kode khusus, termasuk kode Bank Maspion. Kode ini dapat digunakan untuk seluruh transaksi, terutama transfer antar bank.
ADVERTISEMENT
Bank Maspion merupakan bank yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sekitar 84% sahamnya kini telah diakuisisi oleh bank asal negara Thailand, Kasikorbank (KBank).

Mengetahui Kode Bank Maspion untuk Transaksi Antar Bank

Ilustrasi Kode Bank Maspion Sumber Unsplash/PiggyBank
Bank Maspion telah memiliki layanan Internet Banking, Mobile Banking, dan Maspion Virtual Account untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Untuk transaksi antar bank, kode Bank Maspion adalah 157.
Diambil dari buku Pencairan Dana Pemerintah, Dody Dharma Hutabarat (2021:24), pemberian kode pada bank merupakan upaya validasi sebelum dilakukannya transaksi. Proses validasi dilakukan ketika nasabah akan melakukan transfer antar bank yang berbeda melalui mesin ATM.
Setelah nasabah memasukkan kode bank dan nomor rekening, serta jumlah uang yang akan ditranster, layar monitor akan menampilkan nama bank, nomor rekening, nama penerima, dan jumlah uang.
ADVERTISEMENT
Informasi tersebut selanjutnya menjadi alat penguji bagi nasabah untuk memastikan bahwa transfer dana akan diterima oleh tujuan yang benar.
Jika diyakini benar, maka nasabah akan memerintahkan perintah transfer. Sedangkan jika tidak benar, maka nasabah dapat memutuskan untuk membatalkan transaksi.
Mekanisme ini meletakkan kontrol transaksi dan validasi di tangan nasabah. Oleh sebab itu, nasabah harus memastikan jika kode bank yang dituju sudah tepat.

Cara Menggunakan Kode Bank Maspion dengan Langkah Mudah

Ilustrasi Kode Bank Maspion Sumber Unsplash/PiggyBank
Transfer ke Bank Maspion kurang lebih sama dengan transaksi ke bank lainnya, yang membedakan hanyalah kode yang digunakan. Sebagai contoh, berikut adalah penggunaan kode Bank Maspion saat melakukan transfer dari bank lain.
ADVERTISEMENT
Kode Bank Maspion adalah 157. Kode ini dapat digunakan untuk seluruh layanan transaksi, baik melalui ATM, Internet Banking, maupun Mobile Banking. (DK)