Komunikasi Visual: Pengertian, Prinsip, dan Ruang Lingkupnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 September 2022 19:14 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Komunikasi Visual Pengertian, Prinsip, dan Ruang Lingkupnya (Foto: Amelie Mourichon | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Komunikasi Visual Pengertian, Prinsip, dan Ruang Lingkupnya (Foto: Amelie Mourichon | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kata grafis dapat juga diartikan sebagai komunikasi visual. Komunikasi visual adalah proses penyampaian informasi atau pesan dengan media yang bisa dilihat. Di zaman modern ini banyak orang yang memanfaatkan media untuk berkomunikasi dan memberi informasi. Informasi yang sudah banyak bertebaran di media digital umumnya memakai visual yang menari dan mudah dipahami. Dengan begitu maka akan terjadi komunikasi visual antara si pemberi informasi dan penerima informasi karena pesannya sudah tersampaikan. Agar lebih paham, simak terus pengertian, prinsip dan ruang lingkupnya berikut.
ADVERTISEMENT

Komunikasi Visual

Ilustrasi Komunikasi Visual (Foto: Robert Koorenny | Unsplash.com)
Dikutip dari buku Komunikasi Visual oleh Andhita (2021), komunikasi visual adalah proses pertukaran pesan visual antara komunikator dan komunikan dengan menghasilkan umpan balik tertentu. Komunikasi visual juga bisa diartikan sebagai segala bentuk pesan yang menstimulasi indra penglihatan yang dipahami oleh orang yang menyaksikannya.
Komunikasi visual biasa dilakukan melalui gambar, iklan pamflet, atau video tanpa suara. Contoh komunikasi visual yang paling mudah ditemui adalah rambu-rambu lalu lintas dan ikon aplikasi di smartphone kalian.

Prinsip Komunikasi Visual

ADVERTISEMENT

Ruang Lingkup Komunikasi Visual

Demikian penjelasan kata grafis dapat juga diartikan sebagai komunikasi visual serta pengertian, prinsip, dan ruang lingkupnya. (KRIS)