Kumpulan Arti Warna Putih dari Seluruh Dunia

Konten dari Pengguna
20 Juli 2022 17:02
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Warna Putih Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Arti Warna Putih Sumber www.unsplash.com
ADVERTISEMENT
Putih adalah warna netral yang banyak digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Warna putih yang melambangkan kebersihan ternyata memiliki banyak arti di berbagai belahan bumi lain. Berikut adalah kumpulan arti warna putih berdasarkan budaya yang ada di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Warna putih banyak diminati karena bersifat fleksibel, artinya mudah dikombinasikan dengan warna lain. Warna putih bisa digunakan untuk 'meredam' warna kuat atau terang, namun juga bisa 'menaikkan' kecerahan dari warna gelap.
Putih banyak dipakai sebagai pemilihan warna untuk desain busana, interior, logo, dan kemasan. Seperti diambil dari buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengecoran Logam, A. Gunanto, S.T., ‎Drs. Joko Pramono (2021:159),

"Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga memberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Ketika ingin membuat desain yang simpel dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat".

Kumpulan Arti Warna Putih

Ilustrasi Arti Warna Putih              Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Arti Warna Putih Sumber www.unsplash.com
Walaupun secara umum putih memiliki makna kesucian dan kemurnian, namun terdapat banyak arti warna putih berdasarkan budaya yang ada di seluruh dunia berikut ini,
ADVERTISEMENT
  • Arti Warna Putih pada Budaya Tionghoa.
Yin dan Yang merupakan konsep dari filosofi Tionghoa yang digambarkan dengan bentuk lingkaran terbagi atas 2 warna hitam dan putih serta memiliki ukuran yang sama. Simbol Yang berwarna putih dan memiliki arti terang sebagai lambang dari api, langit, matahari, maskulinitas, dan siang hari.
  • Arti Warna Putih pada Budaya Indonesia.
Dikutip dari buku Cerita Batik, Iwet Ramadhan (2013:67),

"Warna putih pada kain poleng (kain kotak-kotak motif papan catur) di Bali melambangkan kekuatan baik. Warna putih pada kain sindur yang dikenakan orangtua pengantin memiliki arti kesuburan pada mempelai pria. Sedangkan arti warna putih pada kain daerah pesisir adalah simbol keagungan, kemuliaan, kebersihan, kesucian, dan ketulusan".

ADVERTISEMENT
  • Arti Warna Putih pada Budaya Jepang.
Warna putih pada bendera Jepang memiliki makna kejujuran dan integritas sebagai bagian dari budaya Jepang.
Kumpulan Arti Warna Putih            Sumber www.unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Kumpulan Arti Warna Putih Sumber www.unsplash.com
  • Arti Warna Putih pada Budaya Eropa.
Gaun pernikahan berwarna putih berasal dari kebudayaan Eropa. Walaupun pada awalnya putih merupakan warna yang memiliki arti berkabung, namun Ratu Victoria tetap mengenakan gaun pengantin berwarna putih saat pernikahan dirinya tahun 1840. Ratu berhasil mematahkan kepercayaan yang berlaku pada masa itu, sekaligus berhasil mempopulerkan gaun pengantin putih.
Demikian kumpulan arti warna putih berdasarkan budaya yang ada di seluruh dunia, dan sekaligus membuka wawasan kita terhadap budaya negara lain.(DK)