Kumpulan Pesan Pokok Surat Al-Alaq dalam Kitab Suci Alquran

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
8 Oktober 2023 18:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al-Alaq. Sumber: Pexels/Alena Darmel
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al-Alaq. Sumber: Pexels/Alena Darmel
ADVERTISEMENT
Salah satu pesan pokok Surat Al-Alaq dalam kitab suci Alquran, yaitu menjelaskan bahwa tujuan hidup adalah untuk beribadah. Layaknya surat dalam kitab suci Alquran, Surat Al-Alaq juga berasal dari Allah Swt.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, dalam ajaran agama Islam, Alquran merupakan firman Allah Swt. yang akan terus terjaga keasliannya. Hal itu dapat terjadi karena Allah Swt. sendiri yang akan memelihara kitab suci tersebut. Wallahu a’lam bish-shawab.

Surat Al-Alaq dalam Kitab Suci Alquran

Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al-Alaq. Sumber: Pexels/Thirdman
Al-Alaq merupakan salah satu nama surat yang terdapat dalam kitab suci umat Islam, Alquran. Surat tersebut merupakan surat ke-96 yang terdiri dari sembilan belas ayat.
Layaknya surat dalam Alquran, Surat Al-Alaq pun memuat firman Allah Swt. yang memberi penjelasan serta pesan bagi manusia. Dikutip dari laman Qur’an Kemenag, quran.kemenag.go.id, berikut adalah lima ayat pertama Surat Al-Alaq.
ADVERTISEMENT
Lima ayat pertama dalam Surat Al-Alaq memuat makna tersirat dari arti “bacalah” yang memiliki banyak arti. Oleh karena itu, setiap orang perlu belajar Alquran bersama guru agama Islam atau ustaz agar terhindar dari kesesatan akibat belajar sendirian.

Pesan Pokok Surat Al-Alaq

Ilustrasi Pesan Pokok Surat Al-Alaq. Sumber: Pexels/Qamar Rehman
Walaupun tidak mungkin seseorang mempelajari dan memahami Alquran dalam satu waktu, bukan berarti seorang muslim tidak dapat memahami pesan pokok Surat Al-Alaq. Pasalnya, ada beberapa penjelasan ringkas mengenai pesan surat tersebut.
Dikutip dari buku Pendidikan Karakter Anak Pra Akil Balig Berbasis Al-Quran, Sholichah (2020: 430), salah satu kandungan Surat Al-Alaq menjelaskan bahwa tujuan hidup adalah untuk beribadah dan berserah diri kepada Allah Swt.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku yang sama, Sholichah (2020: 430), menurut Kadar M. Yusuf dalam Surat Al-Alaq memuat dua pesan dalam perintah membaca, menalar, atau meneliti alam dan seisinya. Dua pesan tersebut, antara lain:
Berdasarkan ulasan di atas, dapat dipahami bahwa pesan pokok Surat Al-Alaq adalah mengingatkan manusia bahwa tujuan hidup untuk beribadah. Guna memahaminya secara lebih lanjut, seorang muslim perlu belajar bersama guru agama Islam atau ustaz. (AA)