Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi Bahasa Bali

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
22 Maret 2023 17:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ucapan hari raya Nyepi bahasa Bali, sumber foto alleksana from Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ucapan hari raya Nyepi bahasa Bali, sumber foto alleksana from Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun baru saka. Nyepi sendiri memiliki makna tersendiri bagi umat Hindu, salah satunya adalah di pulau Bali yang mayoritas beragama Hindu. Nah, pada artikel ini akan membahas mengenai hari nyepi dan kumpulan ucapan hari raya Nyepi bahasa Bali.
ADVERTISEMENT

Hari Raya Nyepi

Ilustrasi ucapan hari raya Nyepi bahasa Bali, sumber foto Agung Pandit Wiguna from Pexels
Dikutip dari buku Agama Suku, Hindu dan Budha karya Suharta, (2020) dijelaskan bahwa Hari Raya Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun baru saka. Hari Raya Nyepi merupakan hari penyucian untuk alam semesta beserta isinya.
Nyepi mengandung arti sepi atau sunyi, dan dirayakan setiap 1 tahun saka. Pada saat Nyepi tidak boleh melakukan aktifitas seperti pada umumnya, seperti keluar rumah (kecuali sakit dan perlu berobat), menyalakan lampu, bekerja dan sebagainya.
Dan tujuannya adalah agar tercipta suasana sepi, sepi dari hiruk pikuknya kehidupan dan sepi dari semua nafsu atau keserakahan sifat manusia untuk menyucikan Bhuwana Agung (alam semesta) dan Bhuwana Alit (manusia). Pada hari raya nyepi umat Hindu melakukan "Catur Brata" penyepian, yaitu:
ADVERTISEMENT

Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi Bahasa Bali

Untuk merayakan Nyepi kalian bisa mengirimkan ucapan selamat Hari Raya Nyepi dalam bahasa Bali. Berikut adalah beberapa contoh ucapannya:
ADVERTISEMENT
Demikian adalah pembahasan mengenai Hari Raya Nyepi dan kumpulan ucapan selamat Hari Raya Nyepi dalam bahasa Bali. (WWN)