Tekno & Sains
·
24 November 2020 19:16

Lirik Lagu Indonesia Raya 2 Stanza dan Waktu Pertama Kali Dinyanyikan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Lirik Lagu Indonesia Raya 2 Stanza dan Waktu Pertama Kali Dinyanyikan (81817)
Kongres Pemuda II Foto: dok GuruPendidikan
Lirik lagu Indonesia Raya 2 Stanza yang merupakan salah satu bagian dari lagu indonesia raya yang secara utuh terdiri dari 3 stanza ini diciptakan dan juga disusun oleh salah satu pahlawan nasional kita yaitu Wage Rudolf Supratman. Lagu yang menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia ini menjadi lagu kebangsaan Indonesia yang masih dikumandangkan hingga saat ini.
ADVERTISEMENT

Lirik Lagu Indonesia Raya 2 Stanza Dinyanyikan untuk Pertama Kalinya

Lirik lagu Indonesia Raya 2 stanza memang tidak terlalu dikenal banyak orang karena lagu yang wajib diperdengarkan saat acara penting kenegaraan adalah lagu indonesia raya stanza pertama, yaitu lagu Indonesia Raya yang sering kita dengar saat upacara bendera atau acara penting kenegaraan yang biasa kita temui sehari-hari.
Lirik Lagu Indonesia Raya 2 Stanza dan Waktu Pertama Kali Dinyanyikan (81818)
Lagu Indonesia Raya yang Menjadi Lagu Kebangsaan Foto: dok Facts of Indonesia
Lirik lagu Indonesia Raya 2 stanza pertama kali diperdengarkan oleh Wage Rudolf Supratman selaku komposer dan pencipta dari lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lirik lagu Indonesia Raya 2 stanza ini dinyanyikan bersama dengan 2 stanza lainnya, yaitu stanza pertama dan stanza ketiga pada saat Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 28 Oktober 1928 di Batavia.
ADVERTISEMENT
Lirik lagu Indonesia Raya 2 stanza bersama dengan 2 stanza lainnya pertama kalu disebarluaskan oleh surat kabar Sin Po pada edisi bulan November 1928. Lirik lagu Indonesia Raya 2 stanza dan stanza 1 serta stanza 3 ini ditulis dengan perubahan sebanyak tiga kali perubahan. Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan ejaan bahasa Indonesia yang terus mengalami pembaharuan seiring berkembangnya zaman.
Meski sudah jarang diperdengarkan, lirik lagu Indonesia Raya 2 stanza ini juga seharusnya lebih kita perhatikan dan hafalkan. Bagaimanapun juga lirik lagu Indonesia Raya 2 stanza ini juga merupakan bagian dari lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebangsaan Indonesia.
Pengetahuan tentang sejarah dan tentang bagaimana lirik lagu Indonesia Raya ini sudah seharusnya tertanam dan diketahui oleh warga negara Indonesia sebagai wujud rasa cinta tanah air dan juga menanamkan rasa nasionalisme. Yuk terus gali pengetahuan kita tentang negara Indonesia yang tercinta ini agar rasa cinta tanah air terus berkembang dan tertanam kuat dalam benak kita sebagai para penerus bangsa. (DA)
ADVERTISEMENT