Konten dari Pengguna

Macam-Macam Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Artinya

Berita Terkini
Penulis kumparan
5 Januari 2024 20:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Macam-Macam Rambu-Rambu Lalu Lintas. Foto: dok. Unsplash/Dusan Kipic
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Macam-Macam Rambu-Rambu Lalu Lintas. Foto: dok. Unsplash/Dusan Kipic
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Macam-macam rambu-rambu lalu lintas adalah hal penting yang perlu diketahui bagi pengendara kendaraan bermotor dan juga pengguna jalan, baik itu pesepeda maupun pejalan kaki.
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui apa saja rambu lalu lintas dan artinya, pengguna jalan dapat mematuhi rambu sesuai dengan arahan yang diberikan. Dengan begitu, risiko kecelakaan akan berkurang dan dapat beraktivitas dengan aman.

Mengenal Macam-Macam Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Artinya

Ilustrasi Macam-Macam Rambu-Rambu Lalu Lintas. Foto: dok. Unsplash/Nehemias Mazariegos
Saat berjalan di jalan raya, tak jarang ditemukan rambu lalu lintas di tempat-tempat umum. Mulai dari lampu lalu lintas, petunjuk arah, dan lain sebagainya. Adanya rambu lalu lintas di jalan raya memiliki fungsi khusus.
Mengutip dari dalam buku berjudul Rekayasa Lalu Lintas, Adrianto Sugiarto Wiyono, dkk (2023), rambu lalu lintas memiliki fungsi teguran, larangan, perintah, dan penuntun.
Untuk mengetahui apa saja rambu lalu lintas yang umum ditemukan di jalan raya, berikut ini adalah macam-macam rambu-rambu lalu lintas di jalan raya beserta artinya.
ADVERTISEMENT

1. Rambu Peringatan

Rambu ini berfungsi untuk memberi peringatan mengenai kemungkinan adanya bahaya atau tempat berbahaya di depan pengguna jalan. Umumnya rambu ini dibuat dengan warna dasar kuning dengan lambang atau tulisan berwarna hitam.

2. Rambu Larangan

Jenis rambu ini digunakan untuk menunjukkan hal-hal yang dilarang untuk dilakukan oleh pengguna jalan raya. Biasanya warna dasar yang digunakan untuk rambu larangan adalah warna putih dengan lambang atau tulisan berwarna hitam atau merah.

3. Rambu Perintah

Seperti namanya, rambu ini berfungsi untuk memerintahkan yang harus dilakukan oleh pengguna jalan. Biasanya rambu ini memiliki bentuk lingkaran berwarna biru dengan lambang atau tulisan berwarna putih dan merah untuk garis serong sebagai batas akhir perintah.

4. Rambu Petunjuk

Rambu ini digunakan untuk menunjukkan atau mengarahkan pengguna jalan sesuai dengan lambang dan tulisan yang tertera. Contoh rambu ini adalah rambu petunjuk jurusan, rambu petunjuk fasilitas umum, dan masih banyak lagi lainnya.
ADVERTISEMENT

5. Rambu Tambahan

Jenis rambu satu ini merupakan rambu yang digunakan untuk memberikan keterangan tambahan bagi pengguna jalan.
Sekian pembahasan mengenai macam-macam rambu-rambu lalu lintas. Dengan penjelasan ini, pengguna jalan dapat memahami betul fungsi dan arti rambu lalu lintas yang ada. (DAP)