Makna Asmaul Husna beserta Dalil yang Membahasnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Oktober 2022 19:24 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Makna Asmaul Husna. Foto: dok. Wizdan Zacky Fauzan (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makna Asmaul Husna. Foto: dok. Wizdan Zacky Fauzan (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
Asmaul husna dikenal sebagai nama-nama baik yang dimiliki Allah dengan makna yang mulia. Apa makna asmaul husna? Mari kita simak pemaparan lengkap mengenai makna asmaul husna yang disajikan lengkap dengan dalil yang membahasnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Makna Asmaul Husna Lengkap dengan Dalilnya

Umat Muslim mengenal berbagai nama-nama baik Allah yang disebutkan dalam berbagai dalil baik itu Alquran maupun hadis. Nama-nama atau sebutan baik yang Allah miliki dikenal dengan istilah asmaul husna. Dalam asmaul husna mengandung kemuliaan, sifat-sifat terpuji dan kebesaran Allah.
Pembahasan lengkap mengenai makna asmaul husna ini disebutkan dalam buku berjudul Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII yang ditulis oleh Harjan Syuhada, ‎Fida' Abdilah (2021: 110) yang memaparkan bahwa menurut istilah, asmaul husna berarti nama-nama indah bagi Allah SWT.
Ilustrasi Makna Asmaul Husna. Foto: dok. Masjid Pogung Dalangan (Unsplash.com)
Tak hanya itu, dalam buku tersebut juga dipaparkan bahwa asmaul husna hanya pantas dimiliki Allah SWT sesuai kebesaran dan keagungan yang dimiliki Allah. Hal tersebut juga tertuang dalam Alquran dalam ayat berikut:
ADVERTISEMENT
Setiap asmaul husna yang dimiliki Allah ini wajib untuk dikenali dan dipahami seluruh manusia. Hal ini selaras dengan pembahasan dalam ayat yang menyebutkan bahwa manusia diciptakan untuk menyembah Allah semata dan mengenal-Nya, yaitu dalam ayat yang berbunyi:
Ilustrasi Makna Asmaul Husna. Foto: dok. Anis Coquelet (Unsplash.com)
Asmaul husna dipercaya terdiri dari 99 nama Allah yang mulia. Hal ini sesuai dengan yang disebutkan dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ADVERTISEMENT
Pembahasan mengenai makna asmaul husna secara umum dapat Anda pahami untuk meningkatkan keimanan dan memperdalam pengetahuan agama Islam yang Anda miliki. Anda dapat menyertakan asmaul husna dalam berbagai doa dan dzikir yang Anda amalkan setiap hari. Semoga bermanfaat. (DAP)