Makna Bismillahirohmanirohim Sebagai Doa untuk Mengawali Kegiatan Umat Muslim

Konten dari Pengguna
10 Agustus 2021 14:04
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Makna Bismillahirohmanirohim Sebagai Doa untuk Mengawali Kegiatan Umat Muslim (37183)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makna Bismillahirohmanirohim Sebagai Doa Kegiatan Umat Muslim. SUmber: pexels.com
ADVERTISEMENT
Sebagai umat Muslim, hendaknya dalam setiap kegiatan, kita selalu mengawalinya dengan bacaan Bismillahirohmanirohim. Mengawali kegiatan dengan membaca Bismillah maka akan memberikan keberkahan dan dampak positif pada apa yang sedang kita kerjakan. Selain itu jika membaca Bismillah maka kita akan selalu diridhai Allah SWT dalam setiap kegiatan yang kita kerjakan.
ADVERTISEMENT
Supaya lebih memahami makna dan keutamaan Bismillah, mari kita simak artikel berikut mengenai makna Bismillahirohmanirohim dan keutamaannya.

Bacaan Bismillah dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan Bismillah dan artinya.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Bismillahirrahmanirrahim
Artinya:
"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Makna Bismillahirohmanirohim

Dalam buku Lentera Hati: Kisah dan Hikmah Kehidupan oleh M. Quraish Shihab (1994: 22-23), dijelaskan kata bi diterjemahkan ‘dengan’ oleh para ulama dikaitkan dengan kata ‘memulai’, sehingga orang-orang yang mengucapkan Bismillah pada hakikatnya berkata: “Dengan (atau demi) Allah saya memulai pekerjaan ini.” Apabila kita menjadikan pekerjaan atas nama atau demi Allah maka pekerjaan tersebut tidak akan merugikan orang lain karena ketika itu kita telah membentengi diri dan pekerjaan kita dari godaan nafsu dan ambisi pribadi yang nantinya dapat merugikan orang lain.
Makna Bismillahirohmanirohim Sebagai Doa untuk Mengawali Kegiatan Umat Muslim (37184)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber foto: Unsplash
Kata bi juga dikaitkan dengan kekuasaan atau pertolongan sehingga orang-orang yang mengucapkannya menyadari bahwa pekerjaan yang sedang dikerjakan tersebut terlaksana atas kodrat (kekuasaan) Allah SWT. Kita memohon bantuan-Nya agar pekerjaan tersebut selesai dengan baik dan sempurna. Dengan memohon, dalam jiwa kita tertanam rasa kelemahan di hadapan Allah SWT. Namun pada saat yang sama tertanam rasa optimis, rasa percaya diri dan memiliki kekuatan karena merasa memperoleh bantuan dan pertolongan dari Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Allah yang dimohonkan bantuan-Nya itu memiliki sifat-sifat yang Maha Sempurna. Ada dua sifat sempurna yang ditekankan yaitu, Al Rahman dan Al Rahim. Al Rahman adalah curahan rahmat-Nya yang diberikan kepada seluruh makhluk di alam semesta ini, termasuk manusia. Al Rahim adalah curahan rahmat-Nya yang diberikan kepada mereka yang beriman, kelak di akhirat.
Makna mengucap Bismillah adalah supaya kita memohon pertolongan dan bantuan pada Allah SWT serta senantiasa dilimpahi oleh rahmat dan karunia-Nya dalam mengerjakan pekerjaan tersebut.

Manfaat Membaca Bismillah dalam Setiap Kegiatan

Bismillah memiliki keutamaan dan kemuliaan. Membacanya akan memberikan manfaat pada orang yang membacanya. Berdasarkan buku 5 Amalan Penyuci Hati oleh Ali Akbar bin Aqil dan M. Abdullah Charis (2016: 50-51) berikut ini adalah sebagian dari manfaat membaca Bismillah.
ADVERTISEMENT
  1. Membaca Bismillah saat mengawali pekerjaan akan mendatangkan kebaikan pada pekerjaan kita. Setiap pekerjaan atau perbuatan yang tidak diawali Bismillah akan menjadikan perbuatan tersebut tidak sempurna, cacat dan sedikit kandungan keberkahannya. Supaya mendatangkan kebaikan dan diberi keberkahan makan biasakan mengucap Bismillah.
  2. Menjauhkan kita dari setan. Ketika kita akan masuk rumah, makan, minum, tidur, jika membaca Bismillah maka setan akan menjauh dari rumah, makanan, minuman dan tempat tidur kita. Dengan demikian maka kita tidak boleh lupa membaca Bismillah sebelum memulai aktivitas.
Demikian makna Bismillahirohmanirohim, manfaat dan keutamaannya untuk umat Muslim. Semoga sebagai umat Muslim kita selalu mengucapkan Bismillah dalam berbagai pekerjaan yang kita lakukan supaya pekerjaan kita selalu diberkahi dan diridhai oleh Allah SWT.(IND)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020