Makna Kata Populer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
23 Februari 2023 18:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makna kata populer, sumber foto Sam Moghadam Khamseh on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makna kata populer, sumber foto Sam Moghadam Khamseh on Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap kata dalam bahasa Indonesia memiliki makna atau arti sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pasalnya tidak semua orang mengerti makna sesungguhnya dari suatu kata, hal tersebut dikarenakan beberapa kata merupakan hasil serapan dari bahasa lain atau bahasa daerah. Kali ini akan dibahas mengenai jawaban dari pertanyaan makna kata populer adalah apa.
ADVERTISEMENT

Makna Kata Populer Adalah

Ilustrasi makna kata populer, sumber foto Hanny Naibaho on Unsplash
Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (https://kbbi.web.id/) kata populer memiliki makna dikenal dan disukai orang banyak atau umum. Selain itu kata populer juga dapat diartikan sebagai sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya, mudah dipahami orang banyak dan disukai serta dikagumi orang banyak.
Pemahaman terhadap makna sebuah kata sangatlah penting, dengan memahami makna dari suatu kata maka tidak akan terjadi salah penafsiran. Pasalnya orang lain paham apa yang kita sampaikan. Mengingat di Indonesia sendiri ada banyak sekali bahasa daerah yang terkadang tidak semua orang mengerti.

Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan

Sehingga diperlukan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan lancar dan tanpa ada kendala. Hal tersebut sesuai dengan fungsi utama dari adanya bahasa Indonesia, yaitu sebagai bahasa persatuan. Dengan adanya bahasa Indonesia terutama bahasa baku maka bisa membuat persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia.
ADVERTISEMENT
Indonesia merupakan negara dengan banyak suku bangsa, budaya, dan bahasa yang berbeda-beda. Namun, dengan adanya bahasa Indonesia, semua orang dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa harus mempelajari bahasa daerah satu sama lain. Bahasa Indonesia menjadi bahasa penghubung antara berbagai suku bangsa, sehingga membantu meningkatkan integrasi sosial dan memperkuat persatuan nasional.
Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa komunikasi resmi dalam berbagai sektor, seperti pemerintahan, pendidikan, dan bisnis. Bahasa Indonesia digunakan dalam dokumen resmi, undang-undang, peraturan, kebijakan, dan surat-menyurat antar instansi pemerintah dan masyarakat.
Bahasa Indonesia juga digunakan dalam pengajaran di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia, sehingga menjadi bahasa pengantar di berbagai level pendidikan.
Bahasa Indonesia juga memiliki fungsi sebagai bahasa budaya. Bahasa Indonesia mengandung banyak kosakata, istilah, dan frasa yang berasal dari berbagai bahasa daerah dan bahasa asing.
ADVERTISEMENT
Bahasa Indonesia juga memiliki banyak kata-kata yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia, seperti seni, musik, tari, dan makanan. Dengan bahasa Indonesia, masyarakat Indonesia dapat memahami dan memperkaya kebudayaan Indonesia.
Demikian adalah pembahasan dari makna kata populer sesuai KBBI dan fungsi dari bahasa Indonesia. (WWN)