News
·
24 Februari 2021 10:30

Manfaat Membaca Alquran untuk Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Manfaat Membaca Alquran untuk Kesehatan (216877)
Manfaat Membaca Alquran, Foto: dutaislam
Alquran merupakan kitab suci umat Muslim yang patut dijadikan pedoman hidup. Ada banyak manfaat membaca Alquran untuk berbagai aspek kehidupan, salah satunya kesehatan. Penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi di Klinik Besar Florida menemukan bahwa membaca atau mendengarkan lantunan ayat Alquran sanggup memberikan perubahan besar pada fisiologi manusia. Hal itu juga didukung berbagai hadis dan penelitian lain.
ADVERTISEMENT

Manfaat Membaca Alquran untuk Kesehatan

Berdasarkan buku Lantunan Qur'an untuk Penyembuhan, Ir. Abd. Daim al-Kaheem, (2012:14) manfaat kesehatan fisik dan mental yang diperoleh dari kegiatan membaca Alquran:
1. Menenteramkan hati dan menenangkan pikiran
Membaca Alquran mampu menenangkan pikiran, menentramkan hati, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap Allah Swt. Hal ini sesuai dengan firman Allah ta’ala yang tertuang di dalam surat Ara-ra’d ayat 28:
“Orang orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah Swt., maka ingatlah karena hanya dengan mengingatnya Allahlah, hatimu menjadi tenteram.”
2. Menyembuhkan penyakit fisik
Seseorang yang rajin membaca Alquran akan dilindungi Allah Swt. dari segala penyakit. Hal ini sesuai dengan 2 hadistdi bawah ini:
ADVERTISEMENT
“Dan makanlah oleh kamu bermacam macam buah serta tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan pada tubuhmu dengan lancar .Ada madu yang bermacam macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang memikirkan hal itu.” (QS.An-naah 16 : 69)
”Hendaknya kamu menggunakan jenis obat obatan seperti madu dan membaca Alquran.” (HR. Ma’ud)
3. Menyembuhkan penyakit hati
Tindakan membaca Alquran dengan hati yang ikhlas bisa menghalau maupun menyembuhkan berbagai penyakit hati, seperti iri hati, dengki, dendam, hobi untuk menjelek-jelekkan orang lain, dan lain sebagainya. Hal ini sesuai hadis di bawah ini:
“Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air.” Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat, maka Rasullulah Saw. mengatakan ” Percayalah ..dengan membaca Alquran.”, jawabnya.
ADVERTISEMENT
4. Meredakan stres dan kecemasan.
Sebuah penelitian di Universitas Salford, Inggris juga membuktikan bahwa orang-orang yang membaca dan melantunkan ayat Alquran menjadi lebih rileks daripada yang membaca buku biasa.
Itulah berbagai manfaat membaca Alquran untuk kesehatan fisik dan mental. Maka rajin-rajinlah membaca Alquran untuk kehidupan yang lebih baik.(BR)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white