Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 April 2024 20:53 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Puasa, Foto: Unsplash/fcafotodigital.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Puasa, Foto: Unsplash/fcafotodigital.
ADVERTISEMENT
Puasa adalah menahan diri dari rasa haus dan lapar selama beberapa waktu. Meski tidak mengonsumsi makanan, puasa justru memberikan berbagai manfaat penting bagi kesehatan. Manfaat puasa ini tidak hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga mental.
ADVERTISEMENT
Selain itu, puasa Ramadan juga memiliki tujuan untuk memperkuat keimanan dan ampunan Allah Swt. Selama bulan Ramadan, umat muslim menghabiskan waktu lebih banyak untuk beribadah, membaca Al-Quran, melakukan dzikir, dan lainnya.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Puasa, Foto: Unsplash/Rudzhan Nagiev.
Puasa memiliki banyak manfaat, baik fisik atau mental, seperti membantu tubuh membersihkan diri dari racun, meningkatkan kesehatan jantung, dan lain sebagainya. Dikutip dari laman yankes.kemkes.go.id, berikut adalah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

1. Berfungsi sebagai Detoksifikasi

Puasa dapat berfungsi sebagai detoksifikasi. Ketika seseorang berpuasa, tubuhnya memiliki kesempatan untuk membersihkan diri dari racun dan zat-zat yang tidak diinginkan.
Selama puasa, metabolisme tubuh beralih ke modus perbaikan dan pemulihan, yang memungkinkan organ-organ penting seperti hati dan ginjal untuk membersihkan racun dan limbah dari tubuh secara lebih efektif.
ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Puasa dapat mengurangi resitensi insulin di dalam tubuh. Penurunan insulin ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membuat penyaluran glukosa dari pembuluh darah ke dalam sel lebih efisien.
Ini berarti bahwa sel-sel tubuh lebih mampu menyerap glukosa dari darah, sehingga mengontrol kadar gula darah lebih efisien. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengatur pola makan dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan.

3. Penurunan Berat Badan

Puasa membantu mengatur asupan kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan berat badan. Hal ini dapat membantu dalam menciptakan defisit kalori yang diperlukan untuk menurunkan berat badan.

4. Membantu Melawan Infeksi

Puasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh yang penting dalam melawan infeksi, seperti limfosit.
ADVERTISEMENT
Selain itu, puasa dapat memicu proses regenerasi sel dan membersihkan sel-sel yang rusak atau tidak sehat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk kognisi, fokus, dan memori.

6. Peningkatan Kesadaran Spiritual

Puasa tidak hanya memiliki manfaat fisik, tetapi juga memberikan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran spiritual, introspeksi diri, dan koneksi dengan Tuhan atau kesadaran yang lebih tinggi.

7. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Puasa telah terbukti dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan manusia (human growth hormone, HGH).
Hormon pertumbuhan manusia adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan, peremajaan sel, pemulihan otot, dan metabolisme lemak.

8. Mencegah Depresi dan Mengurangi Kecemasan

Saat berpuasa, tubuh mengeluarkan hormon endofrin yaitu hormon yang membuat bahagia. Puasa dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Meski tidak mengonsumsi makanan selama beberapa jam, ternyata puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. (Umi)