News
·
24 Februari 2021 20:38

Manfaat Sholat Tahajud: Wajah Terlihat Bercahaya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Manfaat Sholat Tahajud: Wajah Terlihat Bercahaya (92527)
Ilustrasi Sholat, sumber: Bincang Muslimah
Banyak manfaat sholat tahajud yang dapat kita rasakan. Dengan bermunajat pada Allah Subhanahu Wata’ala disepertiga malam, kamu akan merasakan sensasi berdoa yang luar biasa. Sholat tahajud merupakan sholat yang disaksikan oleh para malaikat.
ADVERTISEMENT

Manfaat Sholat Tahajud

1. Dikabulkannya Doa
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).
2. Meningkatkan Ketaqwaan
Allah telah memaparkannya dalam Al Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 79,
وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا
Artinya: Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.
3. Mendapatkan Nikmat yang Menyenangkan Hati
Dalam Kitabullah telah dituliskan bahwa sholat tahajud di sepertiga malam akan mendapatkan bermacam-macam nikmat yang dapat menyenangkan hati.
ADVERTISEMENT
تَتَجَافٰى جُنُوْبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَّطَمَعًاۖ وَّمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ - ١٦
Artinya : Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَّآ اُخْفِيَ لَهُمْ مِّنْ قُرَّةِ اَعْيُنٍۚ جَزَاۤءًۢ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ - ١٧
Artinya : Maka tidak seorang pun mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyenangkan hati sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.
4. Wajah Tampak Bercahaya
Saat ini banyak wanita yang mendambakan wajah bercahaya, mereka rela merogoh kocek lebih dalam hanya untuk membeli produk skin care demi membuat wajahnya tampak berkilau dan bercahaya. Padahal telah Allah mudahkan cara untuk mencerahkan wajah supaya tampak bercahaya, yaitu dengan mengamalkan sholat tahajud setiap malamnya.
ADVERTISEMENT
Imam Ibnul Qayyim pernah berkata: “Sesungguhnya salat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan salat malam. Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, ‘Salat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus”.
5. Aliran Darah Menjadi Lancar
Sepertiga malam merupakan waktu yang bagus untuk tubuh. Hal ini dikarenakan, udara pada waktu tersebut masih bersih dan belum tercemar oleh polusi. Manfaat shalat tahajud pada waktu sepertiga malam, bisa menjadi sarana olahraga supaya aliran darah menjadi lebih lancar.
6. Menghilangkan Rasa Pesimis
Dalam buku Terapi Shalat Tahajud karya Moh. Soleh halaman 123, dipaparkan, hikmah lain yang dapat diperoleh dari mengamalkan shalat tahajud adalah akan hilangnya perasaan pesimis, rendah diri, minder, kurang berbobot dan berganti dengan sikap selalu optimis, penuh percaya diri dan pemberani tanpa disertai sifat sombong dan takabur.(DWA)
ADVERTISEMENT