Manfaat Sumber Daya Perikanan bagi Kehidupan beserta Contohnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Januari 2023 19:07 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Sumber Daya Perikanan. Foto: dok. Jeremy Cai (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Manfaat Sumber Daya Perikanan. Foto: dok. Jeremy Cai (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sumber daya perikanan merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang dipercaya memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat sumber daya perikanan, mari kita simak jawaban dari pertanyaan “sebutkan beberapa manfaat sumber daya perikanan” dalam ulasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Manfaat Sumber Daya Perikanan bagi Kehidupan Masyarakat

Ilustrasi Manfaat Sumber Daya Perikanan bagi Kehidupan, Foto: Dok. Unsplash
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Salah satu sumber daya melimpah yang dapat ditemukan di Indonesia adalah sumber daya perikanan. Hal ini selaras dengan pemaparan dalam buku berjudul Biologi Perikanan dan Aspek Pengelolaan yang ditulis oleh Wayan Kantun (2020).
Dikutip dari buku tersebut bahwa Indonesia memiliki posisi kelautan yang sangat strategis sehingga dapat memberikan keuntungan dalam pembangunan perikanan dan kelautan yang secara ekonomi memberikan banyak manfaat. Sumber daya perikanan Indonesia merupakan sumber daya yang memiliki tingkat keanekaragaman tinggi dan memiliki sifat mampu pulih jika dikelola dengan baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa jenis sumberdaya perikanan yang ada di Indonesia. Dalam buku berjudul Aplikasi Teknologi Akustik Dan Satelit Oseanografi Untuk Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan yang disusun oleh Safruddin, S.Pi., M.P., Ph.D., Mukti Zainuddin, S.Pi., M.Sc., Ph.D. (2021: 17) yang memaparkan bahwa sumber daya ikan berdasarkan habitatnya dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu sumber daya ikan pelagis dan sumber daya ikan demersal.
Sumber daya ikan pelagis adalah kelompok ikan yang hidup di bagian pertengahan sampai ke permukaan perairan seperti ikan tuna, ikan cakalang, ikan tongkol, ikan teri, ikan kembung, dan ikan layang. Sedangkan sumber daya ikan demersal adalah kelompok ikan yang habitatnya dapat ditemukan di dasar atau dekat dasar perairan. Contohnya seperti ikan karang, udang, ikan kakap, ikan kerapu, dan masih banyak lainnya.
Ilustrasi Manfaat Sumber Daya Perikanan. Foto: dok. Masaaki Komori (Unsplash.com)
Sumber daya perikanan tersebut merupakan sumber daya ikan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan bagi masyarakat dan juga sebagai komoditas perdagangan terutama untuk ikan ekonomis penting. Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa manfaat sumber daya perikanan bagi kehidupan masyarakat, antara lain:
ADVERTISEMENT
Ulasan mengenai beberapa manfaat sumber daya perikanan bagi kehidupan masyarakat beserta contohnya dapat Anda jadikan sebagai wawasan tambahan, khususnya mengenai keuntungan yang dapat diperoleh dari pengelolaan sumber daya alam sekitar kita. (DAP)