Memahami Alasan Atletik Disebut Induk Semua Cabang Olahraga

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
8 Maret 2024 20:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa atletik disebut induk semua cabang olahraga. Foto: Unsplash/Braden Collum
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa atletik disebut induk semua cabang olahraga. Foto: Unsplash/Braden Collum
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Olahraga adalah kegiatan untuk membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Dalam olahraga sendiri terdiri dari berbagai cabang, salah satunya cabang atletik. Namun banyak yang bertanya, mengapa atletik disebut induk semua cabang olahraga?
ADVERTISEMENT
Padahal, olahraga ini tidak sekompleks dibandingkan olahraga lainnya, seperti sepak bola, basket, dan lainnya. Di sisi lain, cabang olahraga ini tidak terlalu membutuhkan alat-alat yang banyak jika dibandingkan dengan cabang lain.

Alasan Atletik Disebut Induk Semua Cabang Olahraga

Ilustrasi mengapa atletik disebut induk semua cabang olahraga. Foto: Unsplash/Randy Fath
Dikutip dari buku 1 Pembelajaran Atletik oleh Yahya Eko Nopiyanto, dkk (2020), atletik berasal dari bahasa Yunani “athlon” atau “athlum” yang artinya pertandingan atau perlombaan. Olahraga atletik sendiri sudah ada sejak lama. Bahkan, kegiatan ini terdapat pada dinding oleh bangsa Mesir dan Sumeria dengan bentuk gulat, akrobat, adu tongkat, dan pertandingan kuda.
Terdapat juga ilustrasi orang-orang berlari di sejumlah makam-makam Mesir Kuno yang diduga dibuat pada 2250 sebelum Masehi. Olimpiadenya pertama oleh bangsa Yunani pada tahun 778 sebelum Masehi. Pada olimpiade tersebut, cabang olahraga yang diperlombakan adalah lari, lompat, dan lempar saja.
ADVERTISEMENT
Kemudian, bangsa Romawi mengalahkan Yunani. Mereka ternyata menyukai atletik dan ikut bertanding dalam olimpiade. Akan tetapi, pada tahun 392 M, Raja Theodosius menghapus olimpiade yang dianggap sebagai upacara pemujaan berhala.
Olahraga atletik kembali dihidupkan pada abad pertengahan dan diperlombakan oleh sejumlah negara di Benua Eropa. Bahkan, sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan di Inggris memasukkan atletik ke kurikulum belajar.
Pada akhirnya di olimpiade modern tahun 1896 di Athena, olahraga atletik kembali hidup seperti semula. Lalu, mengapa atletik disebut induk semua cabang olahraga?
Olahraga atletik disebut sebagai induk semua cabang olahraga atau “The Mother of Sport” karena merupakan olahraga yang paling tua dibandingkan cabang lainnya.
Di sisi lain, olahraga atletik terdapat gerakan lari, jalan, lompat, tolak dan lempar yang dapat dijumpai di dalam cabang olahraga lainnya.
ADVERTISEMENT
Sehingga, olahraga cabang ini memerlukan kekuatan, ketangkasan, kecepatan, ketepatan, dan daya tahan tubuh. Kemudian, banyak cabang olahraga lainnya yang berkembang dari cabang olahraga atletik.
Nah, sekarang sudah memahami alasan dibalik mengapa atletik disebut induk semua cabang olahraga? Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan tentang sejarah olahraga atletik.(MZM)