Mengapa Mendekati Perbuatan Zina Saja Sudah Dilarang dalam Islam? Ini Alasannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Maret 2024 19:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengapa mendekati perbuatan zina saja sudah dilarang dalam islam. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Robert Forever Ago
zoom-in-whitePerbesar
Mengapa mendekati perbuatan zina saja sudah dilarang dalam islam. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Robert Forever Ago
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam Islam, berbuat zina adalah dosa. Bahkan mendekati perbuatan zina saja dalah hal yang telarang. Menjadi pertanyaan, mengapa mendekati perbuatan zina saja sudah dilarang dalam Islam?
ADVERTISEMENT
Meskipun terkadang terlihat sebagai pembatasan yang ketat, Islam memiliki alasan yang kuat mengapa mendekati zina dianggap sebagai hal yang sangat dilarang. Hal ini tentunya memiliki tujuan untuk menjauhkan umat dari dosa besar.

Alasan Mengapa Mendekati Perbuatan Zina Saja Sudah Dilarang dalam Islam

Mengapa mendekati perbuatan zina saja sudah dilarang dalam islam. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Haley Black
Mengutip dari buku Khutbah Jumat Sejuta Umat, Muhammad Khatib, S.Pd.I, (2018), mengapa mendekati perbuatan zina saja sudah dilarang dalam Islam? Salah satu alasanya karena dilarang dalam surah al-Israa ayat 32. Perzinaan sesungguhnya adalah perbuatan keji dan jalan yang buruk.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengapa dilarang mendekati perzinaan akan dijelaskan di bawah ini.

1. Melindungi Diri dari Dosa Besar

Larangan mendekati zina dalam Islam bertujuan untuk melindungi seseorang dari dosa besar. Zina dianggap sebagai dosa besar yang mendatangkan murka Allah Swt. dan mendekatinya membuka peluang untuk terjerumus dalam perbuatan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tindakan seperti berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahram, membuka aurat, atau melakukan percakapan yang tidak senonoh dapat memicu godaan dan memudahkan seseorang untuk melakukan zina.
Dengan menjauhi segala hal yang mendekati zina, seseorang dapat melindungi diri dari dosa besar yang dapat mengancam akhirat.

2. Menjaga Kehormatan Diri dan Keluarga

Selanjutnya, larangan mendekati zina juga bertujuan untuk menjaga kehormatan diri dan keluarga. Zina tidak hanya merusak kehormatan individu yang terlibat, tetapi juga mencemarkan nama baik keluarga.
Islam sangat menekankan pentingnya menjaga kehormatan dan martabat manusia, oleh karena itu, segala bentuk perilaku yang dapat merusak kehormatan diri dan keluarga dilarang dalam ajarannya.

3. Mencegah Kerusakan Tatanan Sosial

Selain itu, larangan mendekati zina juga memiliki tujuan untuk mencegah kerusakan tatanan sosial. Zina dapat menyebabkan berbagai masalah sosial seperti penyebaran penyakit menular seksual, kehamilan di luar nikah, dan perceraian.
ADVERTISEMENT
Dengan menjauhi perilaku yang mendekati zina, seseorang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan dalam tatanan sosial yang dijunjung tinggi dalam Islam.

4. Memperkuat Iman dan Ketaqwaan kepada Allah

Terakhir, larangan mendekati zina dalam Islam juga bertujuan untuk memperkuat iman dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Mendekati zina merupakan tanda kelemahan iman dan ketaqwaan seseorang.
Dengan menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt, seorang Muslim dapat memperkuat iman dan ketaqwaannya serta mendekatkan diri kepada-Nya.
Itulah alasan mengapa mendekati perbuatan zina saja sudah dilarang dalam Islam. Hal ini dilakukan untuk melindungi orang-orang, menjaga kehormatan, mencegah kerusakan sosial, dan memperkuat iman. (RIZ)