Mengapa Tulisan pada Poster Harus Dibuat Besar? Inilah Jawaban yang Benar

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
14 November 2023 18:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Tulisan pada Poster Harus Dibuat Besar. Sumber: Unsplash/Jeremy Downes
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Tulisan pada Poster Harus Dibuat Besar. Sumber: Unsplash/Jeremy Downes
ADVERTISEMENT
Poster adalah media yang mudah ditemui di lingkungan sekitar. Biasanya, poster akan dipasang di tempat umum atau yang dilalui oleh banyak orang. Jika diperhatikan, tulisan di poster berukuran besar. Mengapa tulisan pada poster harus dibuat besar?
ADVERTISEMENT
Tulisan dan bahasa yang digunakan pada poster dibuat dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Poster juga dibuat dengan tujuan tertentu.

Mengapa Tulisan pada Poster Harus Dibuat Besar?

Ilustrasi Mengapa Tulisan pada Poster Harus Dibuat Besar. Sumber: Unsplash/Henry.co
Mengutip dari Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster, Widhayani (2020:50-52), pengertian poster adalah plakat (kata atau gambar) yang dipajang di tempat umum dengan tujuan untuk membujuk, memotivasi, atau menarik perhatian.
Mengapa tulisan pada poster harus dibuat besar? Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata untuk menyampaikan informasi. Oleh karena itu, kata-kata pada poster harus singkat, jelas, menarik, dan lengkap. Jika tulisan pada poster dibuat berukuran kecil, dikhawatirkan tulisan tersebut susah dibaca masyarakat.
Penulisan poster tidak boleh asal saja, melainkan harus mengikuti kaidah kebahasaan sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

Karakteristik Poster

Ilustrasi Mengapa Tulisan pada Poster Harus Dibuat Besar. Sumber: Unsplash/Anthony Tuil
Poster yang baik dapat dikenali melalui beberapa karakteristiknya, seperti keseimbangan, alur baca, penekanan, dan lain-lain. Berikut ini penjelasan lengkap karakteristik poster:

1. Keseimbangan

Keseimbangan adalah prinsip pada komposisi untuk menghindari kesan berat sebelah pada suatu bidang atau ruang. Terdapat dua jenis keseimbangan yang diterapkan, yaitu simetris dan tidak simetris.

2. Alur Baca

Alur baca pada poster diatur secara sistematis. Dengan begitu, pembaca bisa diarahkan untuk menelusuri informasi dari satu bagian ke bagian selanjutnya pada poster.

3. Penekanan

Penekanan pada poster bisa dicapai dengan judul atau ilustrasi yang lebih menonjol dari elemen desain lain. Penekanan bisa dilakukan dengan perbandingan ukuran, latar yang kontras dengan gambar dan tulisan, warna mencolok, dan lainnya.
ADVERTISEMENT

4. Kesatuan

Poster memiliki beberapa bagian yang berbeda. Bagian-bagian pada poster ada yang harus digabung atau dipisah menjadi kelompok-kelompok informasi. Contohnya adalah nama gedung tempat acara berlangsung harus dekat dengan alamat.

5. Kesan

Poster harus mengandung gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar agar lebih mudah dibaca khalayak umum sehingga akan memberikan kesan.
Mengapa tulisan pada poster harus dibuat besar? Jawaban yang tepat adalah supaya tulisan mudah terbaca oleh orang banyak. (KRIS)