Mengenal 3 Jenis Komik Berdasarkan Jenis Ceritanya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
2 Maret 2024 18:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jelaskan 3 jenis komik berdasarkan jenis ceritanya. Sumber: erik mclean/unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jelaskan 3 jenis komik berdasarkan jenis ceritanya. Sumber: erik mclean/unsplash
ADVERTISEMENT
Sebagai pembaca buku komik, masih banyak yang kesulitan untuk jelaskan 3 jenis komik berdasarkan jenis ceritanya. Bahkan banyak yang tidak mengetahui bahwa komik yang beredar di pasaran, memiliki banyak jenis.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, perlu diketahui bahwa cerita adalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya). Jenis cerita pada komik lebih ke sasaran pembaca komik.

Jelaskan 3 Jenis Komik Berdasarkan Jenis Ceritanya!

Ilustrasi jelaskan 3 jenis komik berdasarkan jenis ceritanya. Sumber: jonathan cooper/unsplash
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komik adalah cerita bergambar (dalam majalah, surat kabar, atau berbentuk buku) yang umumnya mudah dicerna dan lucu.
Secara sederhana, komik adalah suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.
Komik dicetak dan diterbitkan di atas kertas dan dilengkapi dengan teks. Sebuah komik dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, hingga berbentuk buku tersendiri dan yang terbaru ditampilkan secara digital.
ADVERTISEMENT
Komik yang disusun menjadi sebuah buku biasanya dalam buku tersebut menampilkan sebuah cerita yang utuh atau terkadang berseri. Komik buku yang berbentuk seri seperti tidak ada habisnya jika komik tersebut terbit secara berkala. Misalnya, Detektif Conan atau One Piece.
Komik memang menampilkan cerita yang berkelanjutan, tetapi ada juga yang tidak. Komik yang menampilkan cerita yang berkelanjutan adalah komik yang telah populer di mata pembacanya.
Menjawab pertanyaan untuk jelaskan tiga jenis komik berdasarkan jenis ceritanya. Berdasarkan jenis-jenis ceritanya, komik dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu komik edukasi, komik promosi (iklan), dan komik laga.
Komik edukasi biasanya berfungsi sebagai hiburan dan sebagai media edukatif. Komik promosi (iklan) biasanya digunakan untuk keperluan promosi sebuah produk.
ADVERTISEMENT
Sementara komik laga merupakan komik yang sangat popular, karena tema yang disajikan dalam komik berupa adegan laga atau pertarungan yang hingga saat ini tetap menjadi idola. Misalkan komik Detektif Conan, Naruto, One Piece, Dragon Ball, dan lain sebagainya.
Namun mengutip buku Komik Indonesia, Marcel Bonneff, Rahayu S. Hidayat (2000), di Indonesia, muncul komik jenis baru yang disebut "komik wayang".
Terbitan pertama komik wayang muncul antara tahun 1954 dan 1955, dengan Lahirnya Gatotkatja (terbitan Keng Po), Raden Palasara, karya Johnlo, seri panjang Mahabharata, karya Kosasih muncul dengan jilid-jilid pertamanya (terbitan Melodi).
Itulah uraian jawaban dari pertanyaan yang meminta untuk jelaskan 3 jenis komik berdasarkan jenis ceritanya. Jenis komik berdasarkan ceritanya adalah komik edukasi, komik promosi (iklan), dan komik laga, ditambah komik wayang yang merupakan jenis komik cerita asli Indonesia. (ARD)
ADVERTISEMENT