Mengenal 3 Singa Terbesar di Dunia yang Menyeramkan

Konten dari Pengguna
2 Juli 2022 17:08
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Singa Terbesar di Dunia. (Foto: Ru1Schoeman by https://pixabay.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Singa Terbesar di Dunia. (Foto: Ru1Schoeman by https://pixabay.com)
ADVERTISEMENT
Singa (Panthera leo) merupakan hewan berkelompok yang terkenal buas. Hewan ini biasanya menerkam mamalia besar seperti zebra, babi, dan antilop. Bahkan, singa bisa menyerang binatang besar yang beratnya sekitar 300 kg. Walaupun bisa menyerang hewan-hewan besar seperti badak dewasa, jerapah, dan gajah, namun jarang dilakukan singa karena dapat menyebabkan luka dan cedera yang parah pada singa. Biasanya, sekali makan singa bisa mengonsumsi sekitar 30 kg daging. Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai 3 singa terbesar di dunia yang menyeramkan. Adapun singa-singa berikut memiliki keunikan tersendiri dibandingkan singa pada umumnya.
ADVERTISEMENT

Mengenal Singa Terbesar yang Ada di Dunia

Ilustrasi Singa Terbesar di Dunia. (Foto: Alexas_Fotos by https://pixabay.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Singa Terbesar di Dunia. (Foto: Alexas_Fotos by https://pixabay.com)
Singa dikenal sebagai hewan yang besar dan menyeramkan. Dikutip dari buku Pintar Hewan Buas yang ditulis oleh Jumanta (2019: 3), berikut adalah 3 singa terbesar di dunia yang memiliki penampilan menyeramkan:

1. Singa Afrika (Panthera leo melanochaita)

Singa afrika merupakan spesies singa terbesar di dunia. Singa ini memiliki panjang tubuh 2.6-3.3 m untuk jantan dan 2.4-2.7 untuk betina. Adapun berat tubuh singa ini bisa mencapai 150-250 kg untuk jantan dan 120-185 untuk betina. Singa afrika dapat ditemukan di wilayah Afrika, Eropa, Timur Tengah, dan anak benua India.

2. Singa Asia (Panthera leo persica)

Singa asia merupakan satu-satunya spesies singa yang tersisa di wilayah Asia. Secara keseluruhan, singa ini sebenarnya memiliki ukuran lebih kecil dari singa afrika. Berat singa asia jantan dapat mencapai 150-220 kg dengan panjang tubuh 1.7-2.4 m, sedangkan berat singa asia betina sekitar 100-150 kg dengan panjang tubuh 1.4-1.7 m.
ADVERTISEMENT

3. Singa Putih (Panthera leo krugeri)

Singa putih bukanlah singa yang albino. Warna putih pada bulu tubuh hewan ini disebabkan gen resesif atau yang dikenal dengan inhibitor chinchilla. Singa putih masih bisa ditemukan di suaka margasatwa di Afrika Selatan. Sebenarnya ukuran singa ini tidak jauh berbeda dengan singa pada umumnya. Namun, singa putih memiliki keunikan pada warnanya.
Apakah kamu tertarik untuk melihat salah satu singa di atas? Demikian 3 singa terbesar di dunia yang memiliki penampilan menyeramkan! (CHL)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·