Mengenal 3 Zat Berdasarkan Wujudnya Lengkap dengan Contoh

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Juni 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi tiga bentuk. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi tiga bentuk. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam ilmu sains, pembagian zat dibagi menjadi beberapa kategori. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk bisa membedakan setiap kategori zat tersebut. Lantas, zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi berapa?
ADVERTISEMENT
Pertanyaan ini sering kali diajukan oleh siswa yang baru pertama kali belajar tentang zat. Jadi, tidak heran jika bentuk pertanyaannya masih sangat dasar. Namun, guru tetap harus menjelaskannya dengan baik agar siswa bisa memahaminya dengan tepat.

Zat Berdasarkan Wujudnya Dibedakan menjadi Berapa?

Ilustrasi zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi tiga bentuk. Sumber: pexels.com
Jadi, sebenarnya zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi berapa? Mengutip dari buku Mengenal Sifat Kimia dan isika Zat, Bayu Sapta Hari (2019:21), zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi tiga bentuk. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya yang bisa disimak.

1. Zat Padat

Zat padat merupakan benda yang berbentuk keras, kokoh, dan juga memiliki bentuk yang tidak berubah-ubah. Akan tetapi, tidak semua benda padat memilikisifat yang keras, kaku, dan berat.
Pasalnya, ada juga benda padat yang cenderung ringan. Contohnya, seperti bayu apung dan karet. Selain itu, ada juga zat padat yang dapat menyerap panas. Adapun berbagai contoh benda padat antara lain adalah jelereng, batu, emas, besi, kayu, dan lain sebgainya.
ADVERTISEMENT

2. Zat Cair

Zat cair merupakan suatu zat yang bentuknya tidak tetap. Dengan kata lain, bentuk zat cair akan selalu berubah-ubah mengikuti wadahnya.
Bukan hanya itu saja, zat cair juga dianggap sebagai zat yang berada di antara bentuk padat dan gas. Beberapa contoh zat cair antara lain adalah air, minyak goreng, bensin, sirup, dan masih banyak lagi.

3. Zat Gas

Zat gas merupakan bentuk zat yang tidak terlihat, tetapi sebenarnya ada di sekliling makhluk hidup. Berbeda dengan zat padat dan juga zat cair, zat gas justru tidak memiliki colume dan bentuk tertentu.
Walaupun begitu, zat gas juga bisa disimpan dalam sebuah ruang atau wadah. Contohnya, seperti oksigen.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa zat berdasarkan wujudnya dibedakan menjadi tiga bentuk. Semoga bermanfaat. (Anne)