Mengenal BPUPKI sebagai Organisasi yang Meresmikan UUD 1945

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Juli 2023 18:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Nama Organisasi yang Merumuskan UUD 1945? (Sumber:: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Nama Organisasi yang Merumuskan UUD 1945? (Sumber:: Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagaimana tertulis dalam UUD 1945 pasal 1 ayat (3), Indonesia merupakan negara hukum yang menunjukkan bahwa penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan pada hukum yang berlaku. Apa nama organisasi yang merumuskan UUD 1945?
ADVERTISEMENT
Berawal dari pembentukan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai pada tanggal 1 Maret 1945, persiapan kemerdekaan negara pun mulai dilakukan. BPUPKI memegang peran penting dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan berbagai syarat yang harus dipenuhi sebagai negara yang merdeka.

Apa Nama Organisasi yang Merumuskan UUD 1945?

Ilustrasi Apa Nama Organisasi yang Merumuskan UUD 1945? (Sumber:: Pixabay)
Tujuan awal dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah yang ditulis oleh Sugiharsono, dkk (2008: 141), BPUPKI beranggotakan 60 orang, ditambah beberapa pimpinan.
Ketua BPUPKI adalah Dr. Rajiman Widyoningrat, wakil-wakil ketua, yaitu Icibangase yang sekaligus sebagai kepala badan perundingan dan R. P. Suroso yang sekaligus sebagai kepala sekretariat. BPUPKI kemudian diresmikan pada tanggal 28 Mei 1945 yang disertai dengan pengibaran Merah Putih.
ADVERTISEMENT
BPUPKI juga melakukan persidangan sebanyak dua kali untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sidang pertama dilakukan pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 menghasilkan dasar negara, sedangkan sidang kedua dilakukan pada tanggal 10-17 Juli 1945 membahas Rancangan Undang-undang Dasar.
Pada sidang yang pertama BPUPKI mengesahkan dan menetapkan RUUD (yang dibuat dalam sidang kedua BPUPKI) menjadi UUD negara RI (dikenal dengan UUD 1945). Kemudian, Pada tanggal 22 Juni 1945, Panitia Sembilan berhasil merumuskan naskah Rancangan Pembukaan UUD yang dikenal sebagai Piagam Jakarta (Djakarta Charter).
Penjenjangan materi pada peraturan perundang-undangan telah diatur dalam peraturan pemerintah sebagaimana tidak boleh menyimpang dari materi yang diatur dalam undang-undang yang terkait. Tata urutan perundang-undangan RI pertama kali diatur dalam UUD 1945.
ADVERTISEMENT
Peraturan perundang-undangan adalah semua peraturan tertulis yang dibentuk dengan metode tertentu oleh pihak yang berwenang. Semoga jawaban dari pertanyaan apa nama organisasi yang merumuskan UUD 1945 di atas dapat menambah wawasan! (CHL)