Mengenal Interaksi Antarmuka Hardware dan Software dalam Komputer

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
5 November 2023 17:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Uraikan tentang Interaksi Antarmuka Hardware dan Software. Sumber: Foto Unsplash/Christopher Gower
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Uraikan tentang Interaksi Antarmuka Hardware dan Software. Sumber: Foto Unsplash/Christopher Gower
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Uraikan tentang interaksi antarmuka hardware dan software dalam komputer! Pada dasarrnya, antarmuka adalah sebuah istilah yang dipakai guna menghubungkan dari satu alat (software) dengan alat lainnya (hardware) untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui, sistem dalam komputer terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Akan tetapi, sistem komputer tidak hanya tentang komponen pembentuk saja. Berbagai interaksi, kolaborasi, serta operasi yang terjadi juga bagian dari sistem komputer.

Interaksi Antarmuka Hardware dan Software

Ilustrasi Uraikan tentang Interaksi Antarmuka Hardware dan Software. Sumber: Foto Unsplash/DESIGNECOLOGIST
Uraikan tentang interaksi antarmuka hardware dan software! Ketahui uraiannya melalui artikel berikut ini.
Berdasarkan buku Interaksi Komputer dan Manusia, Ahmad Mursyidin Nidhom, (2019:3), sebuah antarmuka (user interface) haruslah mempunyai perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah input dan output.
Inputan akan dilakukan oleh user di mana dapat berupa, ketikan dari keyboard, dan gerakan mouse. Sedangkan untuk output akan berupa gambar, bunyi atau bahkan sebuah tulisan.
Dalam pembuatannya, antarmuka (user interface) diharuskan untuk mudah dimengerti oleh segala pengguna dengan tingkat kemahiran berbeda dalam mengendalikan komputer.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Explore Informatika untuk SMP/MTs Kelas VII, Gunawan Trieko Wicaksono, (2019:14), antarmuka (interface) komputer dapat ditinjau dari dua sisi, yaitu hardware dan software.
Dari sisi perangkat lunak (software), antarmuka merupakan suatu program komputer yang memungkinkan user berinteraksi dengan komputer secara langsung atau melalui jaringan. Contoh paling baik dari sebuah antarmuka adalah tampilan GUI pada Windows sebagaimana yang biasa dilihat dan gunakan di komputer.
Pada perangkat lunak (software), interaksi antarmuka lebih kompleks dan ditampilkan melalui monitor dalam bentuk grafis visual. Untuk berinteraksi dengan perangkat lunak, user membutuhkan perangkat input, seperti mouse.
Mouse yang digunakan akan memberikan masukan data berupa gerakan serta ketukan yang diolah oleh prosesor menjadi gerakan kursor yang dapat dullihat di tampilan layar monitor.
ADVERTISEMENT
Adapun dari sisi perangkat keras (hardware), antarmuka merupakan perangkat fisik, seperti port atau konektor yang memungkinkan komputer terhubung dengan perangkat lain. Sebagai contoh. SATA adalah antarmuka untuk hard disk dan CD-ROM drive.
Demikianlah uraian tentang interaksi antarmuka hardware dan software dalam komputer. Dengan memahami ulasan di atas, maka dapat menambah wawasan bagi pembaca. (Adm)