Konten dari Pengguna

Mengenal KBBI, Kamus Bahasa Indonesia Paling Lengkap dan Akurat

Berita Terkini
Penulis kumparan
19 September 2023 22:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi KBBI adalah, Sumber: Unsplash/Jess Bailey
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi KBBI adalah, Sumber: Unsplash/Jess Bailey
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KBBI adalah singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus ini merupakan rujukan utama saat seseorang ingin mencari arti kata-kata dalam bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan KBBI merupakan kamus terlengkap dan terakurat dalam bahasa tersebut.
ADVERTISEMENT
Adanya KBBI tak terlepas dari Kamus Indonesia pertama yang dibuat pada tahun 1942. Kamus tersebut pun terus berkembang hingga menjadi KBBi seperti sekarang.

Memahami KBBI Secara Singkat

Ilustrasi KBBI adalah, Sumber: Unsplash/Jonas Jacobsson
Menurut buku Panduan Literasi Internet untuk Mahasiswa, Hamid Sakti Wibowo (2021: 46), Kamus Beasar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka.
KBBI ini menjadi kamus bahasa paling lengkap dan akurat yang pernah diterbitkan oleh Balai Pustaka. Balai Pustaka pun mempunyai hak paten dari pemerintah Indonesia dengan dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.
Oleh sebab itu, KBBI menjadi rujukan tertinggi mengenai kosakata bahasa Indonesia yang baku. Bahkan KBBI juga kerap digunakan dalam berbagai penulisan maupun karya ilmiah.
ADVERTISEMENT
Saat ini KBBI terdiri dari dua jenis, yaitu luring dan daring. KBBI luring merupakan versi cetak seperti kamus pada umumnya. Sedangkan KBBI daring merupakan versi digital seperti laman kbbi.kemdikbud.go.id dan aplikasi pada telepon seluler.

Sejarah KBBI

Ilustrasi KBBI adalah, Sumber: Unsplash/Cristina Gottardi
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sejarah KBBI berawal dari Kamus Indonesia pada tahun 1942. Kamus tersebut disusun oleh E. ST. Harahap untuk menggantikan Kitab Arti Logat Melayu yang dilarang oleh bangsa Jepang saat menjajah Indonesia.
Lalu, kamus ini diperbarui oleh Kamus Muderen Bahasa Indonesia pada tahun 1954. Kamus tersebut dibuat oleh Sutan Mohammad Zain dan diterbikan Penerbit Grafika Indonesia.
Selanjutnya, Kamus Umum Bahasa Indonesia atau KUBI diterbitkan pada tahun 1953. Kamus ini ditulis oleh W. J. S. Poerwadarminta dan dipublikasikan oleh Lembaga Penyelidikan Bahasa dan Kebudayaan Universitas Indonesia.
ADVERTISEMENT
KBBI pertama sendiri diterbitkan pada tanggal 28 Oktober 1988 oleh tim buatan Pusat Bahasa yang dipimpin Anton M. Moeliono. Penerbitan tersebut terjadi pada Kongres Bahasa Indonesia V. KBBI pun terus berkembang hingga sekarang
Jadi, KBBI adalah kamus paling lengkap dan akurat dalam bidang kosakata bahasa Indonesia. Itulah mengapa KBBI menjadi acuan tertinggi jika ingin mencari arti kata dalam bahasa tersebut. (LOV)