Konten dari Pengguna

Metode untuk Mengatur Tempat Kerja yang Lebih Baik Secara Berkelanjutan

Berita Terkini
Penulis kumparan
11 April 2024 17:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Metode untuk Mengatur Tempat Kerja yang Lebih Baik Secara Berkelanjutan. Foto: dok. Unsplash/Brooke Cagle
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Metode untuk Mengatur Tempat Kerja yang Lebih Baik Secara Berkelanjutan. Foto: dok. Unsplash/Brooke Cagle
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Metode untuk mengatur tempat kerja menjadi tempat kerja yang lebih baik secara berkelanjutan adalah pengertian dari metode 5R. Metode ini umumnya diterapkan di tempat kerja untuk membuat karyawan atau pekerja merasa aman dan nyaman saat bekerja.
ADVERTISEMENT
Selain itu, penerapan metode 5R di tempat kerja juga memiliki tujuan lain. Untuk dapat menerapkan metode ini, dibutuhkan langkah-langkah khusus.

Mengenal Metode untuk Mengatur Tempat Kerja yang Lebih Baik Secara Berkelanjutan

Ilustrasi Metode untuk Mengatur Tempat Kerja yang Lebih Baik Secara Berkelanjutan. Foto: dok. Unsplash/Brooke Cagle
Metode untuk mengatur tempat kerja menjadi tempat kerja yang lebih baik secara berkelanjutan adalah pengertian dari metode 5R. Adanya penerapan metode 5R ini dijalankan dengan cara khusus untuk mencapai tujuan tertentu.
Mengutip dari buku berjudul Buku Ajar Dasar-Dasar Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), Ira Sandi Tunny, ‎Maritje S.J. Malisngorar (2023: 19), 5R merupakan cara atau metode untuk mengatur atau mengelola atau mengorganisir tempat kerja menjadi tempat kerja yang lebih baik secara berkelanjutan.
Penerapan metode 5R atau Ringkas Rapi, Resik, Rawat, Rajin ini bertujuan untuk membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas tempat kerja. Selain itu, metode 5R ini juga memberikan manfaat, antara lain:
ADVERTISEMENT
Untuk dapat mewujudkan metode 5R ini, diperlukan penerapan beberapa langkah seperti memilah barang yang masih dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan.
Selain itu, dilakukan juga untuk membantu menata dan mengurutkan peralatan atau barang berdasarkan alur proses kerja. Penerapan metode ini juga dapat dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana kebersihan di tempat kerja.
Agar metode ini berjalan dengan lancar, diperlukan untuk melakukan perawatan dengan cara mempertahankan kondisi yang sudah diciptakan dengan baik. Selain itu, juga dibutuhkan untuk mendisiplinkan diri untuk menjaga dan merawat yang sudah ada.
ADVERTISEMENT
Pembahasan metode untuk mengatur tempat kerja menjadi tempat kerja yang lebih baik secara berkelanjutan adalah pengertian dari metode 5R ini dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat. (DAP)