News
·
1 Maret 2021 19:16

Nabi Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya yang Istimewa

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Nabi Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya yang Istimewa (2830)
Nabi Muhammad SAW. salah satu Rasul Ulul Azmi Utusan Allah. Foto: dok. Pixabay
Agama Islam yang masih kita jumpai saat ini merupakan salah satu nikmat yang dapat kita rasakan yang juga harus kita syukuri. Agama Islam inilah yang menjadi salah satu bukti hasil jerih payah dari Rasul yang menyampaikan wahyu dari Allah dan menunjukan kita ke jalan yang lurus. Rasul ulul azmi merupakan deretan Rasul yang berperan besar dalam menyebarkan agama Islam. Dalam menyampaikan hidayah dari Allah tersebut, Allah memberikan mukjizat untuk mempermudah mereka dalam berdakwah. Berikut ini adalah deretan Rasul ulul azmi dan mukjizatnya yang menjadi keistimewaan tersendiri.
ADVERTISEMENT

Nabi Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya yang Menjadi Keistimewaan

Seperti yang ketahui bahwa Rasul ulul azmi merupakan Rasul-Rasul pilihan Allah yang memiliki keistimewaan. Dalam buku yang ditulis oleh Nurul Ihsan berjudul Ulul Azmi; 5 Kisah Nabi yang Luar Biasa (2008:3) dijelaskan bahwa gelar ulul azmi merupakan gelar yang diberikan Allah untuk Rasulullah dan Nabi yang memiliki keteguhan hati dan kesabaran luar biasa dalam menyampaikan wahyu dari Allah kepada umatnya.
Rasul ulul azmi yang menjadi utusan Allah dalam menyebarkan wahyu Allah ini dibekali dengan mukjizat untuk membantu dalam berdakwah. Dalam buku berjudul Pendidikan Agama Islam: Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas X (2016:220-221) dijelaskan bahwa para Nabi dan Rasul mengalami berbagai rintangan dan cobaan berupa penolakan dari kaumnya.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, para Nabi dan Rasul tersebut senantiasa memohon kepada Allah agar tidak menurunkan azab kepada kaum yang menolak dakwahnya. Tak hanya itu, mereka juga selalu berdoa kepada Allah untuk memberikan hidayah kepada kaumnya. Berikut ini adalah Rasul ulul azmi dan mukjizatnya yang istimewa:
1. Nabi Nuh AS
Nabi Nuh As merupakan salah stau Rasul ulul azmi yang diberikan mukjizat berupa keselamatan saat terjadi banjir bandang yang sangat dahsyat. Banjir bandang tersebut merupakan azab yang diberikan Allah SWT bagi kaum Nabi Nuh yang mengingkari dan menentang ajaran Nabi Nuh AS.
2. Nabi Ibrahim AS
Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS adalah keselamatan Nabi Ibrahim saat beliau hendak dihukum dengan cara dibakar oleh kaum yang menentang ajarannya. Dengan mukjizat ini, Nabi Ibrahim AS membuat kaumnya yang semula mengingkarinya akhirnya mengikuti ajarannya.
ADVERTISEMENT
3. Nabi Musa AS
Mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Musa AS berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular raksasa. Tak hanya itu, Nabi Musa juga dapat membelah Laut Merah dengan menggunakan tongkat yang dimilikinya untuk menyelamatkan diri dan kaumnya yang sedang dikejar-kejar Firaun dan bala tentaranya.
4. Nabi Isa AS
Nabi Isa AS mendapatkan cukup banyak mukjizat dari Allah. Mukjizat yang cukup terkenal antara lain dapat berbicara saat masih bayi, dapat menyembuhkan beberapa penyakit, dan menurunkan makanan dari langit. Selain itu tentunya masih ada beberapa mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Isa AS.
5. Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW merupakan Rasul ulul azmi yang mendapatkan mukjizat paling banyak di antara Rasul ulul azmi lainnya. Dari sederet mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW, mukjizat yang paling terkenal berupa kitab yang dijadikan pedoman hidup umat Islam hingga saat ini yaitu Alquran. Tak hanya itu, perjalanan isra miraj yang dilakukan Nabi Muhammad SAW juga dikenal sebagai mukjizat yang membuat Nabi Muhammad istimewa.
ADVERTISEMENT
Demikian pemaparan mengenai Rasul ulul azmi dan mukjizatnya yang menjadi keistimewaan tersendiri bagi mereka. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan menambah pengetahuan Anda tentang Nabi dan Rasul utusan Allah. (DA)