Nama Alat Gambar yang Cocok Digunakan untuk Membuat Gambar dengan Teknik Siluet

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
31 Agustus 2022 19:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Alat Gambar yang Cocok Digunakan untuk Membuat Gambar dengan Teknik Siluet. Foto. dok: Peter Olexa (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Alat Gambar yang Cocok Digunakan untuk Membuat Gambar dengan Teknik Siluet. Foto. dok: Peter Olexa (Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
Alat gambar merupakan salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan seniman sebelum membuat gambar yang diinginkannya. Alat gambar yang cocok digunakan untuk membuat gambar dengan teknik siluet adalah tinta atau cat poster dan kuas. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Ragam Alat Gambar yang Cocok Digunakan untuk Membuat Gambar dengan Teknik Siluet

Menggambar merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk membuat menggambar atas suatu objek dengan berbagai teknik. Penjelasan mengenai definisi menggambar dan teknik yang digunakannya juga dibahas dalam buku berjudul Wawasan Creativity: Indonesia dan Mancanegara Sekolah Dasar yang ditulis oleh Tim Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMM Kelas B (2017: 164).
Dikutip dari buku tersebut bahwa menggambar adalah bentuk kegiatan untuk merangsang dan membentuk imajinasi dalam bentuk garis dan warna yang diinginkan. Menggambar tidak hanya untuk memvisualkan apa yang ada di imajinasi namun juga meniru objek yang ada di sekitar.
Ilustrasi Alat Gambar yang Cocok Digunakan untuk Membuat Gambar dengan Teknik Siluet. Foto. dok: Andrey Novik (Unsplash.com)
Menggambar dapat menggunakan berbagai alat, seperti pensil, pensil warna, krayon, spidol, cat air dan sebagainya. Menggambar memiliki beberapa teknik yang bisa digunakan seperti teknik linear, teknik pointilis, teknik dussel atau teknik gosok, teknik siluet atau teknik blok, teknik arsir, teknik aquarel, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Dari sederet teknik tersebut, teknik siluet menjadi salah satu teknik menggambar yang cukup banyak digunakan seniman saat menggambar. Seperti apa teknik siluet dalam menggambar? Pemaparan lengkap mengenai teknik siluet dalam menggambar objek dijelaskan secara rinci dalam buku berjudul All New Target Nilai 100 Ulangan Harian SMP Kelas VIII yang disusun oleh Tim Guru Eduka (2018: 485).
Ilustrasi Alat Gambar yang Cocok Digunakan untuk Membuat Gambar dengan Teknik Siluet. Foto. dok: Kelly Sikkema (Unsplash.com)
Tertulis dalam buku tersebut bahwa teknik siluet adalah cara menggambar ilustrasi dengan mewujudkan warna tunggal yang solid atau pekat (biasanya warna hitam, tetapi dapat juga menggunakan warna lain). Gambar yang dihasilkan dengan teknik ini hanya berupa bentuk global dengan warna tunggal, subjek seolah-olah diambil dari posisi yang berlawanan dengan arah datangnya sinar sehingga terkesan seperti bayangan.
ADVERTISEMENT
Agar gambar yang dibuat tampak lebih sempurna, Anda tentu membutuhkan alat gambar khusus. Alat gambar yang cocok digunakan untuk membuat gambar dengan teknik siluet adalah tinta atau cat poster dan kuas. Dengan alat gambar tersebut, objek yang Anda gambar terlihat lebih sempurna dan memberi hasil gambar yang maksimal. Selamat mencoba! (DAP)