Nama Daerah Pengoperan Tongkat dalam Lari Estafet dan Caranya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
28 Maret 2024 20:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Daerah Pengoperan Tongkat dalam Lari Estafet Dinamakan, Sumber Unsplash Magic Keegan
zoom-in-whitePerbesar
Daerah Pengoperan Tongkat dalam Lari Estafet Dinamakan, Sumber Unsplash Magic Keegan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lari estafet merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Di cabang olahraga ini, dikenal suatu daerah yang digunakan untuk mengoper tongkat. Daerah pengoperan tongkat dalam lari estafet dinamakan wissel zone.
ADVERTISEMENT
Pengoperan tongkat dalam olahraga ini sendiri tak bisa dilakukan sembarangan. Ada dua cara yang bisa dipilih untuk mengoper tongkat sesuai aturan.

Nama Daerah Pengoperan Tongkat dalam Lari Estafet

Daerah Pengoperan Tongkat dalam Lari Estafet Dinamakan, Sumber Unsplash Magic Keegan
Menurut buku Ensiklopedi Olah Raga Atletik, Atma Endris, dkk (2021: 15), lari estafet merupakan olahraga yang menggunakan tongkat pada setiap pelari di setiap tim. Olahraga ini dialkukan di suatu arena pertandingan yang telah tersedia.
Dalam olahraga ini, para atlet harus melakukan pengoperan tongkat di daerah yang disediakan. Daerah pengoperan tongkat dalam lari estafet dinamakan wissel zone.
Umumnya, panjang area wissel zone adalah 20 meter. Lebarnya sendiri ialah 1,22 meter dan bisa disesuaikan dengan lebar lintasan lari. Setiap atlet harus mengoper tongkatnya di daerah ini. Jika tidak, maka tim yang berisi pelanggar akan didiskulaifikasi.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, setiap atlet lari estafet harus mengetahui daerah ini dan letaknya dengan benar. Selain itu, para atlet juga harus berlatih untuk melakukan pengoperan tongkat di daerah tersebut dengan tepat. Hal-hal ini akan meminimalisir peluang tim untuk didiskualifikasii.

Cara Mengoper Tongkat dalam Lari Estafet

Ilustrasi Daerah Pengoperan Tongkat dalam Lari Estafet Dinamakan, Sumber Unsplash, Sumber Unsplash Zach Lucero
Secara garis besar, ada dua cara untuk mengoper tongkat dalam lari estafet, yaitu non-visual dan visual. Berikut penjelasannya.

1. Non-Visual

Sesuai namanya, cara ini dilakukan dengan penerima tidak melihat tongkat yang akan dioper. Jadi, penerima tak menoleh ke belakang saat tongkat tersebut berpindah. Bagaimanapun juga, tangan penerima tetap dijulurkan ke arah belakang untuk menerima tongkat tersebut.

2. Visual

Cara ini dilakukan dengan cara melihat. Jadi, penerima akan menengok ke belakang saat tongkat diberikan kepadanya. Tangan pun dijulurkan ke belakang dengan serong ke bawah.
ADVERTISEMENT
Jadi, daerah pengoperan tongkat dalam lari estafet dinamakan wissel zone. Setiap atlet harus mengoper tongkat di daerah tersebut agar timnya tak didiskualifikasi. Salah satu dari dua carapun bisa dipilih untuk melakukannya. (LOV)